nusabali

Murid SDN 4 Sumerta Belajar Bercocok Tanam Isi Jeda Semester

  • www.nusabali.com-murid-sdn-4-sumerta-belajar-bercocok-tanam-isi-jeda-semester

DENPASAR, NusaBali Mengisi waktu jeda semester, murid SDN 4 Sumerta melakukan kunjungan ke Komunitas Tani Tukad Empelan Turbin, Desa Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Senin (5/12).

Mereka diajak mengenal sekaligus belajar bercocok tanam untuk pendidikan pertanian. Perbekel Sumerta Kelod I Gusti Ketut Anom Suardana, mengatakan murid SDN 4 Sumerta telah usai melaksanakan ujian semester. Untuk mengisi jeda maka dilaksanakan kunjungan ke komunitas tani untuk belajar bercocok tanam.

Kegiatan ini juga dalam upaya meningkatkan keterampilan sensorik dan motorik bagi anak-anak, sekaligus mendekatkan mereka kepada alam. “Dalam kunjungan edukasi yang langsung saya pandu bersama pengurus kelompok tani tersebut, siswa dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman sayuran yang ditanam di kebun dan yang biasa mereka konsumsi di rumah,” kata Anom Suardana.

Selain itu para murid juga diajak untuk melakukan perawatan tanaman seperti menyiram tanaman, mengamati hama tanaman, dan memanen sayuran. “Melalui kegiatan edukasi semacam ini diharapkan siswa lebih mengenal proses pertumbuhan tanaman, dan tumbuh kecintaannya terhadap pertanian,” imbuh Anom Suardana.

Hal seperti ini diharapkan dapat mendorong anak agar lebih suka mengkonsumsi sayuran. Menurut Anom Suardana, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari. Pada Senin kemarin merupakan yang pertama, kegiatan diikuti oleh murid kelas 4. *mis

Komentar