nusabali

Pameran Pendidikan SMAN 5 Denpasar Dihadiri 34 Institusi Pendidikan

  • www.nusabali.com-pameran-pendidikan-sman-5-denpasar-dihadiri-34-institusi-pendidikan

DENPASAR, NusaBali
SMA Negeri 5 Denpasar (Smanela) menggelar pameran pendidikan bertajuk ‘Smanela Expo 2022’ di sekolah yang beralamat di Jalan Sanitasi Nomor 2, Sidakarya, Denpasar Selatan.

Pameran yang berlangsung selama tiga hari, 5 – 7 Desember 2022, menghadirkan 34 institusi pendidikan seperti perguruan tinggi hingga lembaga bimbingan belajar.  

Para siswa antusias mencari informasi dari stan-stan yang menarik perhatiannya. Selain langsung mengunjungi stan, para siswa juga bisa mendengarkan pemaparan dari perguruan tinggi yang hadir di ruang kelas. Kegiatan sengaja digelar pada saat ujian sekolah (penilaian akhir semester) selesai dilaksanakan agar tidak mengganggu proses pembelajaran.

Kepala Sekolah SMAN 5 Denpasar Dra Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati MSos mengatakan kegiatan ini memberikan kesempatan kepada para siswa khususnya kelas XII yang berencana melanjutkan pendidikannya, untuk mengenal lebih dekat berbagai perguruan tinggi yang ada.

“Anak-anak tidak harus keliling. Dengan di sekolah saja mereka bisa mendapatkan semua,” ujarnya, di sela pameran. Pihak sekolah berusaha mendampingi siswa mengenal lebih banyak alternatif pendidikan setelah mereka lulus nanti. Para siswa selama ini juga memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling (BK). Guru BK akan membantu para siswa mencari tahu minat dan bakat mereka.

Adapun sejumlah perguruan tinggi di Bali yang ikut berpameran seperti Universitas Warmadewa, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, dan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas). Sementara kampus luar Bali yang ikut berpameran ada Universitas Atma Jaya Jogjakarta hingga President University, Bekasi, Jawa Barat.

“Ada kampus kesehatan, kampus teknologi, maupun kampus yang umum,” ucap Cok Mirah. Sebelumnya, jeda usai ujian sekolah juga diisi dengan kegiatan workshop terkait Kurikulum Merdeka pada 1–3 Desember 2022. Workshop diikuti oleh 74 guru SMAN 5 Denpasar, baik guru berstatus PNS maupun honorer. Workshop digelar sebagai rangkaian persiapan SMAN 5 Denpasar melaksanakan Kurikulum Merdeka secara penuh mulai tahun ajaran 2024/2025 nanti.

Sementara itu setelah menggelar kegiatan pameran pendidikan, pihak sekolah juga akan menggelar rapat komite, sekaligus pembagian rapor siswa, dengan mengundang seluruh orangtua siswa pada 16 Desember 2022 nanti. *cr78

Komentar