nusabali

Begini Cara Menjadi HRD Beserta Tugas dan Cara Mempelajarinya

  • www.nusabali.com-begini-cara-menjadi-hrd-beserta-tugas-dan-cara-mempelajarinya

DENPASAR, NusaBali.com - Sebuah perusahaan tidak hanya dikelola pimpinan dan karyawan. Lebih dari itu, ada banyak bidang yang berperan penting di dalamnya. HRD menjadi salah satunya.

Banyak orang mengenal pekerjaan HRD sebagai bagian yang bertugas melakukan perekrutan, namun jika ditelisik lebih jauh, ada banyak tugas HRD penting diketahui dan dipelajari bersama.

HR dan HRD di Perusahaan

Human Resource Development (HRD) memiliki peran penting karena menangani semua hal mengenai pekerja di perusahaan. Perbedaan HR dan HRD terletak pada fungsinya. Human Resource (HR) memiliki tugas administratif dan personalia di perusahaan. Sedangkan tugas staff HRD mencakup persiapan, penyeleksian dan pengembangan tenaga kerja.

Meski begitu HR dan HRD memiliki peran yang saling melengkapi di dalam perusahaan.

Syarat Menjadi HRD

Apabila saat ini Anda ingin mencoba berkarir sebagai HRD di perusahaan, ada beberapa syarat menjadi HRD yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Pendidikan yang Sesuai

Seorang HRD dituntut memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik. Maka dari itu, diperlukan latar pendidikan yang sesuai jika Anda ingin mencoba pekerjaan ini. Umumnya jurusan yang diutamakan untuk menjadi HRD adalah psikologi.

Walau demikian, tidak menutup kemungkinan Anda yang berasal dari jurusan berbeda juga memiliki kesempatan yang sama. Sebab Anda bisa mengikuti kursus HRD online untuk menyetarakan kemampuan Anda.

2. Paham Tentang Perusahaan

Salah satu fungsi HRD adalah melakukan seleksi pada calon karyawan. Untuk bisa menemukan kandidat yang tepat, tentunya Anda perlu mengetahui perusahaan dengan baik, sehingga memahami kriteria karyawan seperti apa yang sedang dibutuhkan.

Kemampuan ini juga akan memudahkan Anda dalam proses pengembangan karyawan nantinya. Menempatkan seseorang sesuai dengan keahlian dan bidang diperlukan oleh perusahaan.

3. Memahami Laporan HR

HR dan HRD memiliki tugas yang saling mendukung. Selain itu pekerjaan HRD juga tidak terlepas dari menganalisa laporan yang diberikan oleh HR. Umumnya laporan yang diterima HRD berkaitan dengan kinerja karyawan, seperti performa dalam kurun waktu tertentu dan absensi.

Hal tersebut akan berpengaruh pada pengambilan keputusan terhadap karyawan, meliputi pemberian hak, bonus dan pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan kinerja perusahaan.

4. Mengenal Karakter Seseorang

Kemampuan lain yang juga perlu dimiliki calon HRD adalah pemahaman karakter. Itulah salah satu alasan HRD diutamakan berasal dari jurusan ilmu psikologi. Sebab Anda akan berhadapan dengan banyak karakter karyawan dan harus bisa mengelolanya dengan baik.

Meski perusahaan menginginkan kandidat pekerja yang memiliki karakter baik, Anda juga harus mampu menyesuaikan setiap karakter pelamar kerja dengan bidang yang mereka lamar. Dengan begitu, mereka bisa memberikan dampak yang baik bagi lingkungan kerja dan kantor.

Cara Menjadi HRD

HRD merupakan posisi pekerjaan yang penting dan sangat dibutuhkan perusahaan. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Agar dapat bersaing dengan orang lain di posisi yang sama, Anda bisa mengasah skill untuk menjadi seorang HRD profesional di Arkademi kursus online.

Arkademi kursus online memiliki sistem pembelajaran khusus yang membuat Anda lebih siap di dunia kerja. Kursus online yang disediakan sudah dilengkapi silabus yang berisikan materi terbaru, dipandu oleh pengajar yang berpengalaman di bidangnya.

Tidak perlu khawatir soal kredibilitas, karena Arkademi merupakan lembaga resmi dan terpercaya. Memiliki berbagai kelas online dengan harga terjangkau. Selain itu Anda juga akan diberikan informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang sesuai dengan minat Anda.

Setelah mengetahui apa saja yang diperlukan untuk menjadi HRD perusahaan, kini saatnya Anda untuk mempersiapkan diri. Memastikan bahwa saat ini Anda telah memenuhi syarat menjadi seorang staff HRD di perusahaan. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk diterima bekerja akan semakin terbuka lebar.

Komentar