nusabali

Siswi SMPN 3 Bebandem Berobsesi Juara LCC Nasional

  • www.nusabali.com-siswi-smpn-3-bebandem-berobsesi-juara-lcc-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Siswi kelas IX/C SMPN 3 Bebandem, Karangasem, Ni Komang Ayu Yulistia, berobsesi memenangkan gelar juara LCC (Lomba Cerdas Cermat) Pancasila Tingkat Nasional 2022.

Dia berhasil masuk final, dari 50 siswa yang sebelumnya di semifinal.

"Saya berobsesi menjadi yang terbaik tingkat nasional, untuk kebanggaan SMPN 3 Bebandem juga untuk menginspirasi adik kelas di kesempatan lomba mendatang," jelas Ni Komang Ayu Yulistia, dihubungi di SPMN 3 Bebandem, Banjar Tegal Bengkak, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Sabtu (3/12).

Alumnus SDN 7 Bhuana Giri dari Banjar Tegal Bengkak, Desa Bhuana Giri mengaku di semifinal, Senin (28/11), mencatat skor 88, mengawali lomba secara online, Jumat (25/11), berlanjut semifinal Senin (28/11). Saat lomba semifinal, bersamaan dengan tes akhir semester mata pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan).

Tetapi lomba tidak terganggu, dan tes akhir semester tetap berjalan normal. "Tinggal melakukan evaluasi hasil lomba sebelumnya, agar di final Januari 2023 mendatang, hasilnya lebih baik," lanjut siswa kelahiran 29 April 2008, yang menjadi bintang kelas sejak kelas VII.

Walau pesertanya se-Indonesia, dalam lomba digelar Lembaga Pendidikan Bina Bangsa Indonesia, Jakarta Utara, bersaing dengan siswa pintar se-Indonesia, putri ketiga dari 5 bersaudara pasangan I Wayan Cater dan Ni Luh Murni, tidak gentar menghadapi persaingan itu.

Kasek SMPN 3 Bebandem I Made Wijana bersama guru pembina Made Ayu Sri Semiari, mengaku telah menyiapkan evaluasi pasca semifinal. "Evaluasi dengan memperluas wawasan materi agar siswa lebih mudah menjawab soal-soal di final nanti," jelas I Made Wijana.

Made Ayu Sri Semiari mengatakan, banyak siswa yang berpeluang ke final, dari 50 siswa yang masuk semifinal, hanya satu siswa berhasil masuk final. "Passing gradenya cukup tinggi, 70, maka yang tembus hanya satu siswa. Walau siswa dari lereng Gunung Agung, mampu bersaing di tingkat nasional," kata guru PPKN, status PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Dari Karangasem ada tiga siswa yang lolos ke final LCC (Lomba Cerdas Cermat) Pancasila Tingkat Nasional 2022. Dua siswa lainnya dari SMPN 1 Abang, Ni Putu Erna Nidayanti kelas IX/G, dan I Komang Wahyu Adi Mudiatmika, kelas VIII/F.

Di semifinal, Ni Putu Erna Nidyanti meraih skor 88 dan I Komang Wahyu Adi Mudiatmika skor 90. Dari Bali yang lolos ke Final LCC Pancasila, ada 10 siswa SMP, tujuh siswa lainnya, Putu Dania Shiradewi dari SMPN 5 Denpasar, Ni Putu Vania Cantika Devi dari SMPN 5 Denpasar Utara, Gek Nauli Ratu Nami Pakpahan dari SMP Dharma Praja Denpasar, Ni Putu Ayu Deswita Pertiwi dari SMPN 1 Abiansemal, Ni Luh Putu Ayu Kertaningsih dari SMPN 1 Abiansemal, Kadek Cahya Widiari dari SMPN 5 Denpasar, dan Kadek Winda Paramita dari SMPN 5 Denpasar.7k16

Komentar