nusabali

Klungkung Raih Penghargaan Gerakan Menuju Smart City

  • www.nusabali.com-klungkung-raih-penghargaan-gerakan-menuju-smart-city

SEMARAPURA, NusaBali - Kabupaten Klungkung meraih prestasi tingkat nasional dalam menyusun rencana induk (masterplan) pembangunan berbasis Smart City Tahun 2022.

Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan kepada Kadis Komunikasi dan Informatika Klungkung I Wayan Parna yang mewakili Bupati Klungkung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12).

Wayan Parna mengatakan, dengan tersusunnya rencana induk ini, Pemkab Klungkung memiliki rencana berbasis teknologi yang terarah dalam menjawab tantangan dan peluang di era digitalisasi pada tahun mendatang. Perumusan masterplan diperlukan untuk menampung inovasi-inovasi, seperti konsep smart city yang akan dilakukan mulai dari smart governance, smart branding, smart living, smart society, smart environment, dan smart economy.

Seluruh inovasi tersebut berujung pada satu tujuan besar yaitu menjawab tantangan di masa depan sekaligus memaksimalkan potensi daerah agar dapat dirasakan manfaatnya oleh warga setempat. “Smart city ini bisa mengembangkan seluruh aspek dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi Kabupaten Klungkung yaitu terwujudnya Klungkung yang unggul dan sejahtera,” ujar Wayan Parna, Minggu (4/12).

Tantangan yang dihadapi para pengampu inovasi perangkat daerah cukup berat untuk bisa mengimplementasikan dalam program dan kegiatan pada tahun mendatang. “Penghargaan ini patut disyukuri. Namun ada tantangan yang lebih besar yang dihadapi tahun berikutnya. Yaitu implementasi dari masterplan gerakan menuju smart city agar benar-benar terwujud dalam inovasi yang tertuang,” ujar Wayan Parna. 7 wan

Komentar