nusabali

Lestarikan Biota Laut, Pokmaswas Penimbangan Juara Nasional

  • www.nusabali.com-lestarikan-biota-laut-pokmaswas-penimbangan-juara-nasional

SINGARAJA, NusaBali - Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Penimbangan Lestari, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng raih juara 1 Pokmaswas Teladan Nasional yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Juara yang didapat ini atas konsistensi Pokmaswas Penimbangan Lestari dalam melakukan kegiatan pelestarian biota laut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Laksamana Muda TNI Dr Adin Nurawaluddin di Hotel Novotel Solo, Kamis (30/11) lalu.

Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari, Gede Wiadnyana mengatakan, dalam lomba kali ini ada beberapa Indikator penilaian yang perlu dilengkapi sebagai syarat.  Di antaranya kelengkapan administrasi, keaktifan kegiatan kelompok, kemudian sejauh mana kegiatan yang dilaksanakan dapat berdampak ke sosial ekonomi daerah sekitar.

Namun ia mengakui dalam perjalannya, ada sedikit kendala yang dialami, yakni untuk pengurusan administrasi. Anggota Pokmaswas yang kebanyakan nelayan dengan tingkat pendidikan yang tidak tinggi merupakan salah satu faktor penghambat. Berkat sinergi dari berbagai pihak termasuk Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng, hal tersebut bisa teratasi.

"Kami berjuang dari baru terbentuk. Dengan raihan ini kita tidak berbangga diri. Harus terus berkembang sehingga ke depan menjadi lebih baik lagi," kata Gede Wiadnyana, Minggu (4/12).

Wiadnyana berharap ke depan dukungan Pemkab Buleleng terus dilanjutkan supaya Pantai Penimbangan bisa menjadi destinasi tujuan wisata favorit untuk pelaksanaan diving, snorkeling, penanaman karang, serta wisata kuliner.

"Jika bergerak bersama dan sesuai kemampuan yang kita miliki dan menjalani tanpa pamrih pasti nantinya semua bisa tercapai sesuai harapan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DKPP Buleleng I Gede Putra Aryana mengapresiasi raihan prestasi dari Pokmaswas Penimbangan Lestari yang membanggakan Buleleng di kancah nasional. Pokmaswas Penimbangan Lestari yang berdiri sejak tahun 2015 sendiri memiliki kegiatan meliputi konservasi terumbu karang, lamun, penyu dan biota laut kawasan pesisir.

Selain itu, juga melakukan pendampingan terhadap biota atau megafauna terdampar di pesisir Pantai Penimbangan. Bentuk aktivitas pengawasannya adalah pengawasan aktivitas di kawasan perairan, monitoring ekosistem laut, monitoring biota dan inventarisasi biota.

"Pelaksanaan konservasi dan pengawasan melekat terhadap sumberdaya pesisir di kawasan Pantai Penimbangan mereka lakukan sejak tahun 2016. Ini patut diapresiasi, apalagi sudah mendapat juara satu," katanya.

Pemerintah pun mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya agar tetap menjaga keseimbangan alam dan ekosistem dengan cara jangan merusak laut, jangan membuang sampah ke laut sehingga laut yang kita miliki dapat dinikmati sekaligus diwariskan ke generasi penerus. 7mzk

Komentar