nusabali

Anggota DPR Filipina Kunjungi Klungkung

  • www.nusabali.com-anggota-dpr-filipina-kunjungi-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan rombongan anggota DPR Filipina, di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Sabtu (3/12).

Anggota DPR Provinsi Bataan Distrik ke-3 Maria Angela Garcia, menyampaikan kunjungan ini untuk mempelajari penerapan KTR (Kawasan Tanpa Rokok), pengembangan potensi daerah menjadi pariwisata, dan cara menjaga kebersihan di Kabupaten Klungkung, serta mengatur skala prioritas yang dilakukan dalam menggunakan anggaran.

Bupati Suwirta menyampaikan mengenai penerapan KTR di Kabupaten Klungkung dilaksanakan secara konsisten, dengan menggunakan pola panutan dan melalui Dinas Kesehatan beserta jajarannya yang menciptakan beberapa inovasi terkait KTR , serta menjalin kerjasama dengan perangkat desa adat.

"Pemkab Klungkung melalui penerapan KTR, menginginkan agar kebiasaan tidak merokok dapat menjadi suatu kebudayaan bagi masyarakat Klungkung," harap Bupati Suwirta.

Mengenai kebersihan, Bupati Suwirta menyebut Pemkab Klungkung mengelola sampah rumah tangga dengan menggunakan inovasi TOSS Gema Santi (Tempat Olah Sampah Setempat). Melalui inovasi tersebut, sampah diolah menjadi pupuk organik yang digunakan untuk menata taman di areal perkantoran, dan pada lahan pertanian. "Sampah yang diolah juga diubah menjadi energi yang terbarukan (pelet) yang dijual ke Indonesia Power," kata Bupati Suwirta.

Dalam pengadaan barang operasional, Pemkab menggunakan dana reward dari mengikuti ajang perlombaan inovasi yang diselenggarakan pemerintah pusat dan dibantu oleh pihak ketiga.

Bupati Suwirta menambahkan dalam menjalankan pemerintahan, dirinya memfokuskan dana yang ada pada bidang kesehatan yakni UHC (Universal Health Coverage) dan ke titik ungkit pembangunan Kabupaten Klungkung yakni di Kecamatan Nusa Penida. Titik Ungkit yang dimaksud adalah mengelola wilayah yang memiliki potensi outcome yang dapat digunakan untuk membangun Kabupaten Klungkung. "Semoga melalui audiensi ini, Pemkab Klungkung dapat menjalin komunikasi dan kerjasama lintas negara dalam berbagai bidang dengan negara Filipina,” ujar Bupati Suwirta.

Mendengar pemaparan Garcia mengucapkan terima kasih atas penjelasan yang sudah diberikan. Hadir, dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr Ni Made Adi Swapatni. *wan

Komentar