nusabali

Kumpulkan 6.341 Anggota KPU dan Kesekjenan

KPU Gelar Konsolnas untuk Optimalkan Layanan Pemilu

  • www.nusabali.com-kumpulkan-6341-anggota-kpu-dan-kesekjenan

JAKARTA,NusaBali
Pemilu Serentak 2024 yang semakin dekat membuat KPU RI memantapkan soliditas para penyelenggara.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengumpulkan sebanyak 6.341 anggota dan kesekjenan KPU, baik dari tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia dalam Konsolidasi Nasional (Konsolnas) KPU di Ancol, Jakarta, 1-3 Desember 2022.

Konsolnas yang digelar KPU RI memantapkan persiapan jajaran menghadapi perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024. "Peserta yang hadir dalam konsolnas atau konsolidasi nasional ini berjumlah sekitar 6.341 orang terdiri atas para anggota KPU pusat, KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, jajaran kesekjenan KPU pusat, sekretariat KPU provinsi, dan sekretariat KPU kabupaten/kota se-Indonesia," ujar Hasyim saat berbicara dalam acara Konsolnas KPU di Ancol, Jakarta, Jumat, (3/12).

Dia pun mengatakan melalui tema "Konsolidasi KPU untuk Meningkatkan Pelayanan Pemilu 2024", penyelenggaraan konsolidasi nasional tersebut salah satunya ditujukan untuk mengoptimalkan peran KPU sebagai lembaga layanan dalam penyelenggaraan pemilu.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan sebagaimana dimuat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU diberi amanat oleh negara untuk menjadi lembaga layanan. Hasyim menjelaskan sebagai lembaga layanan, KPU melayani dua pihak. Pertama, pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya. Lalu kedua, peserta pemilu, baik partai politik, peserta pemilu perseorangan, peserta pemilu DPD, pasangan calon presiden-wakil presiden, maupun pasangan gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, dan wali kota-wakil walikota dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Dalam kesempatan yang sama, Hasyim menyampaikan hingga saat ini, KPU telah menyelenggarakan beberapa tahapan Pemilu 2024. Di antaranya, verifikasi partai politik. Selanjutnya, mereka akan mempersiapkan tahapan pemutakhiran daftar pemilih, penataan daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD kabupaten/kota, dan pembentukan badan ad hoc panitia pemilihan tingkat kecamatan.

"Selain itu, kami juga melakukan persiapan untuk pemutakhiran data pemilih dan nanti pada tanggal 16 Desember mulai dilakukan penyerahan dukungan bagi bakal calon anggota DPD," ujar Hasyim.

Demi menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Hasyim menyebutkan Presiden RI Joko Widodo hadir pula dalam acara konsolidasi nasional itu. Presiden Jokowi memberikan arahan, dan semangat kepada keluarga besar KPU dalam melaksanakan tugas-tugas mereka.

Selain Presiden Jokowi dan Hasyim, acara konsolidasi nasional KPU itu dihadiri pula oleh sejumlah pihak. Di antaranya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja, dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito. *ant

Komentar