nusabali

Indonesia Gelar Kualifikasi Olimpiade Balap Sepeda

  • www.nusabali.com-indonesia-gelar-kualifikasi-olimpiade-balap-sepeda

JAKARTA, NusaBali
Indonesia menjadi tuan rumah turnamen balap sepeda untuk kualifikasi olimpiade.

Karena itulah, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) , berinisiasi mengundang Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menjelang gelaran UCI Track Nation Cup di Jakarta International Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur,  pada 23-26 Februari 2023.

"Kejuaraan itu untuk menarik event-event internasional ke Indonesia, khususnya di Jakarta. Alhamdulillah satu event lagi kita tarik untuk tahun depan yaitu UCI Track Nation Cup," kata Komite Eksekutif NOC Indonesia, Jadi Rajagukguk, di Jakarta, Jumat (2/12).

Menurut Jadi, kejuaraan itu akan diliput 135 negara dan diikuti 50 negara, dengan peserta mencapai 600 atlet. Karena itulah, turnamen itu harus jadi momentum Indonesia di awal tahun, sehingga event tersebut berdampak pada ekonomi maupun prestasi olahraga di Indonesia.

Saat rapat koordinasi, para pihak yang berkepentingan pada UCI Track Nation Cup 2023 juga ikut hadir. Diantaranya, pihak imigrasi, bea cukai, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu, hadir juga wakil Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) Gilles Peruzzi. Kedatangan Peruzzi disebut Sekjen PB ISSI, Parama Nugraha salah satunya adalah untuk memastikan kesiapan Jakarta International Velodrome jelang Nation Cup tersebut.

"Termasuk pihak dari Pemprov DKI Jakarta selaku tuan rumah supaya kejuaraan di Februari sukses dan membawa nama baik Indonesia di dunia," kata Parama Nugraha.

Peruzzi mengatakan, UCI Track Nation Cup 2023 menjadi event penting yang dimiliki Indonesia. Sebab, event ini pertama yang poinnya dihitung dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Sementara itu, Indonesia memiliki peluang mendapatkan poin tambahan untuk lolos kualifikasi ke Paris 2024. Peluang datang dari dua atlet nasional, Bernard Van Art dan Ayustina Delia Priyatna di nomor track endurance.

"Timnas sendiri sedang mempersiapkan diri untuk kualifikasi Olimpiade yang dilakukan sejak 2022. Pertama CL Class 1 di Malaysia, lalu kembali ke Indonesia untuk Nation Cup dan dilanjutkan ke CL 2 International Track di Surakarta, " jelas Budi Saputra, Manajer Timnas Balap Sepeda. *k22

Komentar