nusabali

Pantai Kedungu Bakal Berdiri Patung Ketut Garing

  • www.nusabali.com-pantai-kedungu-bakal-berdiri-patung-ketut-garing

TABANAN, NusaBali
Pantai Kedungu di Desa Belalang, Kecamatan Kediri bakal dibangun patung Ketut Garing.

Pembangunan patung ini digunakan sebagai pelengkap pariwisata atau ikon Pantai Kedungu. Terlebih Ketut Garing ini adalah sosok nelayan yang menjadi panutan masyarakat setempat.

Perbekel Desa Belalang I Made Mustika mengatakan, usulan pembangunan ini sudah dikoordinasikan kepada Bupati Tabanan Komang Sanjaya sejak lima bulan lalu. Dan rencananya akan dieksekusi di tahun 2023. "Patung kami usulkan dibuat karena Ketut Garing ini adalah sosok nelayan panutan di masyarakat," jelas Mustika, Kamis (1/12).

Sesuai rencana patung bakal dibangun setinggi 5 meter di atas tebing. Sehingga terlihat dari Tanah Lot dan Pangkung Tibah. "Selain pembangunan patung juga adanya penataan di kawasan. Ini mengingat Pantai Kedungu sudah ramai dikunjungi karena adanya surfing dan Pantai Cinta," tegasnya.

Terkait penataan kawasan lainnya, diakui Mustika memang masih ada kendala karena sebagian besar tanah investor, atau tidak ada aset desa, baik desa adat dan desa dinas. Hanya saja jika nantinya jika dari pihak investor ingin membangun tentu harus menyiapkan fasum fasos untuk kepentingan masyarakat. Kini penataan sudah dilakukan baik taman dan fasilitas parkir termasuk kamar mandi.

"Di Kedungu bukan hanya kegiatan suka duka saja, termasuk saat ada upacara melasti baik dari Kediri, Nyitdah dan Pejaten juga sampai ke Kedungu. Kalau tidak disiapkan sarana parkir bagaimana pariwisata bisa berkembang," jelasnya

Terpisah, Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan, Made Dedi Darmasaputra membenarkan adanya usulan pembangunan patung Ketut Garing di kawasan Pantai Kedungu. Hanya saja untuk pengerjaan kemungkinannya baru bisa dilakukan di tahun 2023 mendatang.

"Sementara masih dalam rancangan, sempat kita anggarkan di 2022, namun mengingat waktu pengerjaan dan kendala teknis dalam pengerjaan nantinya sementara ditunda, untuk mematangkan rencana," tandasnya. *des

Komentar