nusabali

Klungkung Raih Penghargaan Apresiasi Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan

  • www.nusabali.com-klungkung-raih-penghargaan-apresiasi-indeks-daya-saing-daerah-berkelanjutan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta diwakili Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klungkung I Gusti Gede Gunarta menerima penghargaan Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan di Jakarta, Kamis(1/12).

Apresiasi atas pencapaian dalam Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan karena dinilai memiliki pencapaian dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek pilar lingkungan lestari, ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial, dan tata Kelola berkelanjutan.

Lead Konsorsium Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB), Herman Suparman, mengemukakan indeks tersebut diharapkan menjadi salah satu referensi dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di daerah, khususnya di tingkat kabupaten. Indeks ini sifatnya bukan self-assessment artinya daerah tidak menilai diri sendiri. Tim indeks menyusun desain riset dan mengumpulkan data untuk berbagai indikator sebagai turunan pilar keberlanjutan. Dari data tersebut diperoleh gambaran pencapaian kinerja daerah yang tercermin dalam peringkat daya saing. "Selama hampir setahun, tim mengumpulkan data dari 415 kabupaten seluruh Indonesia," ujar Herman.

Indikator yang digunakan antara lain kualitas lingkungan, manajemen sumber daya lingkungan, resiliensi lingkungan, daya dukung ekonomi berkelanjutan, kemampuan keuangan daerah, ekosistem investasi, ketersediaan infrastruktur ekonomi, ketenagakerjaan, keunggulan SDM, kesetaraan gender, kondusivitas keamanan, ketersediaan infrastruktur sosial, partisipasi, akuntabilitas, transparansi, efektivitas, dan keberlanjutan.

Hasil indeks ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan metode pengukuran dan kerangka kebijakan daya saing daerah, berkontribusi terhadap perbaikan kebijakan perencanaan daerah dan memberi inspirasi dalam rangka meningkatkan daya saing, menjadi sumber informasi dan referensi bagi pelaku usaha serta memperkaya materi kerja dalam advokasi perbaikan tata kelola ekonomi daerah secara berkelanjutan.

Terdapat tujuh pemerintah daerah kabupaten meraih apresiasi atas pencapaian dalam Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan, ke tujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Klungkung, Kabupaten Badung, Trenggalek, Malinau, Kutai Kartanegara, Sukoharjo, dan Sanggau. Kabupaten Klungkung menempati peringkat ketiga. *wan

Komentar