nusabali

Senang ke Timnas, Spaso Siap Bayar Kepercayaan STY

  • www.nusabali.com-senang-ke-timnas-spaso-siap-bayar-kepercayaan-sty

GIANYAR, NusaBali
Striker Bali United Ilija ‘Spaso’ Spasojevic siap membayar kepercayaan Shin Tae-yong (STY), usai dipanggil ke Timnas Senior Indonesia menjelang bergulirnya Piala AFF 2022.

Penyerang naturalisasi asal Montenegro itu dipanggil menggantikan Dimas Drajad yang cedera. Spaso sebelumnya tidak masuk daftar 28 pemain yang dipanggil STY. Kini Spaso sudah melakoni latihan bersama Timnas Senior di Lapangan Training Center Bali United, di Gianyar, sejak Rabu (30/11). Spaso pun mengungkapkan perasaannya dapat kembali ke Tim Merah-Putih. Apalagi, dirinya cukup lama absen dari panggilan timnas.

"Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia lagi setelah cukup lama tidak dipanggil. Saya dapat kesempatan lagi dan saya percaya saya bisa menjawab kepercayaan coach Shin Tae-yong," kata Spaso, di situs resmi PSSI, Kamis (1/12).

Memang sempay ada kekhawatiran publik soal kondisi fisik Spaso, mengingat usianya sudah 35 tahun, yang hingga dikawatirkan kecepatan dan kelincahannya menurun.

Selain itu, Liga 1 2022/2023 sudah dua bulan berhenti. Spaso dikhawatirkan kehilangan sentuhannya di depan gawang. Namun, Spso menegaskan masih dapat diandalkan di Timnas Indonesia.

"Kondisi fisik saya bagus karena Bali United tetap latihan enam kali dalam seminggu walau pun liga lagi tidak jalan. Jadi saya datang ke TC timnas sudah siap untuk main," kata pemain kelahiran 11 September 1987 itu.  Dari 11 laga musim ini, Spaso telah mencetak 7 gol dan satu assist.

Sementera itu, Sandy Walsh mengikuti Pemusatan Latihan (TC) bersama Timnas. Yang berbeda dari sebelumnya, kini dia resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan masuk daftar 28 pemain Timnas.

Sebelumnya, Sandy Walsh sempat bergabung dengan Timnas pada akhir Mei 2022. Saat itu Garuda menjalani TC di Bandung untuk menghadapi FIFA Match Day kontra Bangladesh pada 1 Juni.

Sayangnya Sandy Walsh belum mengantongi paspor Indonesia saat itu. Kini pemain 27 tahun itu bergabung dengan status sebagai WNI setelah mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada 17 November 2022.

Selain itu, FIFA juga sudah menyetujui proses perpindahan federasi Sandy Walsh pada Selasa (29/11). Dengan ini, Sandy Walsh sudah bisa bermain pada laga resmi bersama Timnas Indonesia.

"Sudah lama saya menunggu momen ini. Saya secara resmi menjadi bagian dari tim Timnas Indonesia. Saya juga sempat ikut (TC) sebentar di Bandung, tapi sekarang hari yang nyata saya sebagai pemain Timnas Indonesia. Saya merasa sangat senang sejak hari pertama," kata Sandy Walsh.

Pada Piala AFF 2022, Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Kamboja menjadi lawan pertama Indonesia pada 23 Desember, lalu  tandang melawan Brunei Darussalam (26/12), menjamu Thailand (29/12) dan away ke Filipina (2/1). *

Komentar