nusabali

2023, Bangli Nihil Angkutan Siswa Gratis

  • www.nusabali.com-2023-bangli-nihil-angkutan-siswa-gratis

BANGLI, NusaBali
Program angkutan siswa gratis di Bangli dipastikan belum bisa teralisasi tahun 2023.

Karena belum ada anggaran. Dinas Perhubungan (Dishub) Bangli telah mengkaji terkait pengembangan angkutan siswa gratis ini.

Kepala Dishub Bangli I Ketut Riang  mengatakan, program angkutan siswa gratis kemungkinan besar belum dapat berjalan di tahun 2023. Menurutnya, anggaran untuk program tersebut belum tersedia. “Kecil kemungkinan program angkutan siswa gratis bisa berjalan tahun 2023. Karena anggaran difokuskan untuk menunjang kegiatan yang menjadi skala prioritas, salah satunya pemeliharaan untuk penerangan jalan umum (PJU)," ungkapnya Kamis (1/12).

Kepala dinas asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani, Bangli ini menyebutkan untuk program angkutan siswa gratis ini, pihaknya telah mengkaji. Berdasarkan kajian tersebut anggaran yang diperlukan sekitar Rp 1,5 miliar per tahun. “Anggaran untuk layani siswa SMP di wilayah Kota Bangli," kata mantan Kepala BKPAD Bangli ini.

Kabid Angkutan Dishub Bangli Sang Putu Surata mengatakan kajian angkutan siswa gratis telah dilakukan tahun 2021. Yang mana hasil kajian sudah ada, untuk mengcover layanan bagi siswa SMP di wilayah kota dibutuhkan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar.

Jika ke depannya, lanjut dia, jika program ini dijalankan maka perlu dilakukan revisi karena kajian program ini sebelum kenaikan harga BBM. "Tentu perlu dilakukan penyesuaian mengacu harga BBM yang berlaku. Kami menggandeng tim dari akademisi," ujarnya.

Ditambahkan, jika program ini berjalan maka mekanisme untuk menentukan kerja sama dengan pihak ketiga dilakukan lewat proses tender. Dicontohkan, Kabupaten Klungkung  melakukan kerja sama dengan pihak Damri. *esa

Komentar