nusabali

Sapi 'Tak Bertuan' Diamankan Polsek Jembrana

  • www.nusabali.com-sapi-tak-bertuan-diamankan-polsek-jembrana

NEGARA, NusaBali
Polsek Kota Jembrana mengamankan dua ekor sapi 'tak bertuan' yang ditemukan masuk ke areal pekarangan tempat usaha percetakan di timur Pura Jagatnatha Jembrana,  Jalan Jenderal Sudirman, Lingkungan/Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Kamis (1/12) pagi.

Dua ekor sapi yang berkeliaran dengan menyeret tali itu, sempat dicurigai merupakan sapi curian. Namun setelah diselidiki, ternyata dua ekor sapi itu milik seorang warga Lingkungan Menega, Dauhwaru.

Dari informasi, dua ekor sapi betina yang di antaranya merupakan satu sapi indukan dan satu sapi anakan itu, ditemukan oleh pegawai percetakan Aksara, I Gede Rekayasa, 55, pada sekitar pukul 07.15 Wita.

Awalnya, Rekayasa yang juga tinggal di tempat percetakan setempat, sempat mendengar suara keroncong dari arah timur tempat tinggalnya terbesut.  Setelah dicek, dirinya pun kaget melihat ada dua ekor sapi yang masuk ke halaman tempat tinggalnya tersebut.

Mengingat selama ini, dipastikan tidak ada yang memelihara ataupun menggembalakan sapi di lokasi sekitar. Karena dirasa menganggu dan curiga sapi tersebut merupakan sapi curian, dirinya pun langsung melapor ke Polsek Kota Jembrana yang kebetulan hanya berjarak sekitar 300 meter dari tempatnya.

Setelah menerima laporan, dari petugas Polsek Jembrana langsung mengamankan kedua ekor sapi tersebut dan diikat di halaman belakangan Mapolsek setempat. Kemudian dari Kapolsek Jembrana Iptu I Putu Budi Santika menginformasikan temuan sapi itu kepada Bhabinkamtibmas Dauhwaru untuk diteruskan kepada warga di Dauhwaru.

Alhasil berselang beberapa jam kemudian, terungkaplah asal usul dua ekor sapi tersebut. Kedua ekor sapi yang merupakan induk dan anaknya itu, diketahui adalah milik I Negah Suala, 75, dari Lingkungan Menega, Kelurahan Dauhwaru. Di mana kedua ekor sapi yang berkeliaran dengan turut menyeret tali hampir sepanjang 4 meter itu, diketahui telah hilang oleh sang pemilik dari tempat kandangnya di Lingkungan Sri Mandala, Kelurahan Dauhwaru, pada Kamis pagi.

"Sapinya itu lepas. Diketahui sudah hilang sama pemilik sekitar pukul 07.30 Wita. Sempat dicari-cari sama anaknya di lokasi sekitar, tetapi tidak ketemu. Tadi pemilik sudah datang ke Polsek sekitar pukul 10.00 Wita. Sudah kita serahkan ke pemiliknya," ujar Iptu Budi Santika.

Dua ekor sapi itu, sebelumya diduga telah lepas dari kandangnya antara selang Rabu (30/11) malam hingga  Kamis (30/11) dini hari. Pasalnya saat diketahui hilang pada Kamis pagi  kemarin, sang pemilik yang juga sempat berusaha mencari sapinya, tidak mendapat informasi apapun dari warga sekitar.

Ternyata dua ekor sapi yang sebelumnya telah menyeberangi jalan nasional di Jalan Jenderal Sudirman itu, ditemukan telah berada di halaman Percetakan Aksara, sebelah timur Pura Jagatnatha Jembrana, yang berjarak sekitar 1 kilometer dari tempat kandangnya. *ode

Komentar