nusabali

Dua Buron Interpol Diringkus di Kutsel

  • www.nusabali.com-dua-buron-interpol-diringkus-di-kutsel

DENPASAR, NusaBali
Dua buron Interpol, Cyril Stiak dan Stefan Durina diringkus di salah satu rumah kontrakan di kawasan Kuta Selatan, Badung pada Rabu (30/11).

Kedua buron merupakan warga Republik Ceko yang menjadi tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan. Kadivhubinter Polri Irjen Krishna Murti mengatakan, Cyril ditangkap oleh anggota NCB Interpol Indonesia yang merupakan bagian dari Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri. Cyril dan Stefan Durina ditangkap setelah Polri menerima permohonan bantuan penangkapan terhadap Cyril Stiak yang merupakan buronan berstatus red notice (IRN) dari Head of National Central Bureau (NCB) Praha, Republik Ceko..

“Kami menindaklanjuti permintaan pencarian subjek IRN atas nama Cyril Stiak dan Stefan Durina, sebagaimana NCB Praha juga meminta bantuan yang sama saat IGA 89 di Istanbul,” ujar Irjen Krishna Murti dalam keterangannya, Kamis (1/12/2022).

Menurut Krishna, rekan Cyril bernama Stefan Durina juga masuk dalam red notice. Namun dia masih dalam pengejaran. Cyril dan Stefan Durina menjadi buronan interpol yang diburu di beberapa negara. Keduanya berstatus red notice yang diburu sejak 2019. “Keduanya merupakan buronan high profile di negaranya dan sudah dicari sejak 2019,” ujar Krishna.

Krishna mengungkapkan, Cyril dan Stefan merupakan buronan kasus penipuan dan penggelapan di Ceko. Mereka telah membobol 19 perusahaan di negaranya.

Keduanya kemudian terdeteksi berada di Indonesia, tepatnya di Bali. Setelah mendapatkan informasi terkait pencarian buronan tersebut, NCB Interpol Polri melakukan pencarian terhadap keduanya.

Berdasarkan data perlintasan di Imigrasi, Cyril Stiak tercatat masuk ke Indonesia pada 14 Juni 2019. Cyril Stiak datang dengan menggunakan pesawat maskapai Air Asia (D27798) melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Krishna mengatakan, Cyril Stiak saat ini diamankan sementara di Polda Bali sambil menunggu arrest warrant dan profesional arres. *rez

Komentar