nusabali

Badung Legowo Ada Tiga Juara Umum

  • www.nusabali.com-badung-legowo-ada-tiga-juara-umum

Memang susah melakukan polemik dengan pihak yang tidak mengerti dan memahami soal kaidah bahasa dan kelaziman dalam bidang olahraga.

MANGUPURA, NusaBali
Badung menyatakan legowo atau ikhlas, jika Ketua Umum KONI Bali Oka Darmawan menyebutkan, bahwa hasil Porprov Bali XV pada 11 - 27 November 2022 menghasilkan tiga juara umum. Yakni, juara umum I Badung, juara umum II Denpasar, dan juara umum III Buleleng.

Demikian dikatakan Wakil Ketua KONI Badung Wayan Tirta pada Rabu (30/11) terkait adanya pro-kontra dengan istilah ‘juara umum 1, 2, dan 3’ dalam hasil  Porprov tersebut.

Menurutnya, jika Oka Darmawan mengatakan hal tersebut lazim atau tidak ada masalah ya sudah, ya tidak usah dipolemikkan, meski hal tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

“Memang susah melakukan polemik dengan pihak yang tidak mengerti dan memahami soal kaidah bahasa dan kelaziman dalam bidang olahraga,” kata Wayan Tirta,  yang juga pejabat Pengawas di PDAM Badung itu.

Wayan Tirta mengatakan, biarkan masyarakat Bali yang menilai mana yang benar. Sebab dia juga yakin, juara sepak bola dunia yang kini sedang berlangsung di Qatar, tidak akan menghasilkan juara umum I, juara umum II dan juara umum III dan Juara umum IV dalam kejuaraan dunia sepak bola itu.

Menurut Wayah Tirta , PON sendiri juga tidak mengenal istilah yang dianggap lazim itu. Menurutnya, soal tata bahasa, kaidah dan konotasi biarkan ahlinya yang menjelaskan nanti. Namun bagi KONI Badung, Ketua Umum kami sudah mengingatkan.

“Kalau yang diingatkan tidak mau menerima, ya sudahlah,” kata Wayan Tirta, yang juga tokoh olahraga Badung yang mendapat tugas mempersiapkan kontingen Badung ke Porprov Bali itu.

Disebutkan Wayan Tirta, Badung akan tetap mawas diri terhadap kekurangan yang terjadi. Koreksi diri itu penting, sehingga olahraga di Bali semakin maju ke depan. Apalagi Gubernur Bali Wayan Koster mematok agar Bali tetap peringkat kelima (bukan juara umum kelima) pada PON XXI di Aceh-Sumut pada 2024 nanti. Wayan Tirta mengatakan, pihak KONI Badung akan mengevaluasi cabor yang ikut Porprov Bali pada 9 Desember 2022 nanti.

Menurut Wayan Tirta, evaluasi dilakukan terhadap atlet yang sudah sukses maupun atlet yang belum berhasil meraih medali di cabor masing-masing. Selain itu, pada 5 Desember ini, KONI Badung juga melakukan melakukan persembahyangan kembali di Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, sebagai rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa, karena berhasil mendapatkan yang terbaik di Porprov Bali 2022.  "Kami melakukan kegiatan dan aktivitas sekala dan niskala dalam mengembangkan olahraga ini," kata Wayan Tirta.*dek

Komentar