nusabali

'Dewi Penarungan Festival' Siap Digelar

  • www.nusabali.com-dewi-penarungan-festival-siap-digelar

DENPASAR, NusaBali
Bertujuan  agar keberadaan dan potensinya lebih dikenal publik, khususnya para wisatawan, Desa Wisata Penarungan di Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Badung siap menggelar Penarungan Festival, 2-4 Desember.

Tempatnya di Wantilan Pura Dalem Desa Penarungan. Dengan tagline ‘Desa Wisata, Desa Sejuta Pesona’,  beragam kegiatan dan atraksi dalam kegiatan  yang untuk pertama kalinya dilaksanakan. Antara lain atraksi kuliner,  budaya dan hiburan, pegenalan ‘desa digital’, pameran kerajinan dan UMKM. Juga hiburan dan lomba-lomba.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Penarungan I Nyoman Yudana, Penarungan Festival, memang bertujuan untuk memperkenalkan potensi  wisata  Desa Penarungan.  Dari pengenalan tersebut, potensi dan geliat desa wisata Penarungan semakin meningkat.

“Endingnya bermanfaat dan berdampak positif terhadap perekonomian dan kesejahteraan warga,” Yudana, Rabu (30/11).

Sebagai desa wisata, Penarungan memiliki potensi dan atraksi menarik wisata. Antara lain Taman Beji Paluh Pengelukatan Pancoran Solas, tubing di aliran sungai Subak Kapal, Taman Anyar Culture House. Juga geliat UMKM seperti kuliner jenis panganan tradisional.

“Semua berawal dari penataan  Taman Beji Paluh Pengelukatan Pancoran Solas, atas bantuan Pemkab Badung” ungkap Yudana, tentang  cikal bakal dirintisnya  Desa Wisata Penarungan.

Kini infrastruktur dan fasilitas lain penunjang juga sudah ada ada. Termasuk akomodasi. Ketua Forum Komunikasi Desa  Wisata ( Forkom Dewi) Badung Putu Suada, mendorong desa -desa wisata untuk aktif  memperkenalkan keberadaan dan potensinya.

“Buat kegiatan untuk khalayak ramai,” sarannya. Jika demikian, keberadaam desa wisata tidak akan dikenal. Karena memang tujuan dari desa wisata tentu mengundang agar semakin banyak wisatawan yang datang.

“Kami juga apresiasi, karena Forkom Dewi juga diberi ruang untuk memperkenalkan produk- produk wisata dan ekonomi kreatif,”  ujar Ketua Forkom Dewi Badung asal Desa Munggu, Mengwi ini. *k17

Komentar