nusabali

FIFA Sahkan Perpindahan Sandy Walsh dan Jordi Amat, STY Panggil Spaso untuk Piala AFF

  • www.nusabali.com-fifa-sahkan-perpindahan-sandy-walsh-dan-jordi-amat-sty-panggil-spaso-untuk-piala-aff

DENPASAR, NusaBali
Baru dua hari menjalani pemusatan latihan di Bali untuk persiapan menuju Piala AFF 2022, Timnas Indonesia harus kehilangan Dimas Drajad yang mengalami cedera.

Pelatih Shin Tae-yong (STY) pun bergerak cepat, dengan memanggil penyerang naturalisasi Bali United, Ilija ‘Spaso’ Spasojevic. Adanya panggilan itu, Spaso pun tampak sangat senang. Dia mengak tak sabar berlaga di Piala AFF 2022.

"Halo sobat Garuda, saya siap untuk Timnas Indonesia," kata Spaso, semringah dalam video yang diunggah di akun Instagram resmi PSSI, Rabu (30/11) sore.

STY sebenarnya sempat memanggil Spaso ke skuad sementara Timnas Indonesia dalam masa persiapan menuju Piala AFF 2020. Namun, saat itu Spaso gagal masuk ke skuad final Garuda yang berangkat ke Singapura.

Saat itu Spaso dinilai tidak sedang dalam kondisi fisik yang bagus. Pelatih asal Korea Selatan itu lebih percaya pada penyerang Persib, Ezra Walian.

Walian pada akhirnya tak melulu menjadi pilihan utama di lini depan Garuda. STY lebih sering memasang Kushedya Hari Yudo di lini depan.

Cederanya Dimas Drajad memang sangat disayangkan. Penyerang asal Gresik, Jawa Timur itu sedang on fire di sepanjang 2022. Dimas mencetak 13 gol dan empat assist bersama Persikabo 1973 dan Timnas pada 2022.

Namun, Spasojevic sebenarnya punya catatan yang tak kalah meyakinkan. Eks Persib Bandung itu mengemas 18 gol dan tiga assist dari 31 penampilan bersama Bali United.

Sementara itu, FIFA resmi menerima perpindahan federasi Sandy Walsh dan Jordi Amat. Kepastian ini dikonfirmasi PSSI dalam situs resmi Selasa (29/11) malam terkait nasib Walsh. Dalam rilis PSSI, surat dari FIFA ditandatangani Erika Montemor selaku FIFA Head of Player's Status.

"Surat tersebut bernomor Ref FPSD-8308 dan ditandatangani oleh Erika Montemor selaku FIFA Head of Player's Status," tulis PSSI di situs resminya. Sedangkan surat Jordi Amat bernomor Ref FPSD-8300, yang juga ditandatangani Erika Montemor.

Jordi yang mengetahui statusnya sudah sah mengaku lega karena dapat memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. "Saya senang dan lega dengan pemberitahuan ini. Kini saya akan fokus membela negara saya (Indonesia)," kata Jordi.

Dengan adanya surat itu, Walsh dan Amat dapat memperkuat Timnas di Piala AFF 2022  Pemain klub KV Mechelen itu sebelumnya berkewarganegaraan Belanda. Walsh dan Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan mempunyai KTP sejak 17 November 2022.

Hal ini tentu menguntungkan bagi Timnas Indonesia. Adanya Walsh dan Amat akan menambah opsi bagi STY di lini belakang Tim Merah-Putih. *

Komentar