nusabali

Forum Group Discussion di Markas Besar TNI AD di Jakarta, Bupati Sedana Arta Jadi Narasumber

  • www.nusabali.com-forum-group-discussion-di-markas-besar-tni-ad-di-jakarta-bupati-sedana-arta-jadi-narasumber

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) di Aula AH Nasution, Markas Besar TNI AD, Jalan Veteran Jakarta, Rabu (30/11).

FGD ini bertema Peran TNI AD Dalam Membantu Pemerintah Daerah Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Daerah Tertinggal.

FGD diselenggarakan oleh Staf Ahli Kasad Bidang Ekonomi, Keuangan dan Perdagangan (Ekkudag). Bupati Sedana Arta didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Dandim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli. Bupati memaparkan potensi dan juga perkembangan di Kabupaten Bangli.

Bupati Sedana Arta mengisi FGD Bersama empat narasumber lainnya, di antaranya, Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, Sekretaris Kementerian PPN/ Sekretaris Utama Bappenas, Taufik Hanafi, Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes RI Eko Sri Haryanto, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI Vinsensius Jeadu.

Bupati Sedana Arta memaparkan perkembangan pembangunan sekaligus giat pembangunan ke depan yang masih akan dilakukan. Dia juga memberikan perhatian lebih kepada desa miskin dan tertinggal di Bangli, serta siap selalu bersinergi dengan Kodim/1626 Bangli.

Bupati Sedana Arta menyebutkan Kabupaten Bangli adalah salah satu kabupaten di tengah- tengah pulau Bali. Kabupaten ini tidak memiliki garis pantai, namun Bangli memiliki gunung dan Danau Batur dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Danau ini sebagai sumber air yang mampu mengaliri hampir semua kabupaten di Bali, sehingga Bangli sering disebut sebagai sarining padma bhuana Bali.

Dia mengaku, sejak dirinya menjabat Bupati, beberapa pembangunan strategis telah dilakukan di Kabupaten Bangli. Meliputi pembangunan Alun- alun Bangli, gedung DPRD, gedung BMB, Pembangunan RSU Bangli, pembangunan pasar, peningkatan kapasitas jalan raya, dan pembangunan infrastruktur lainnya. Pembangunan tersebut untuk kepentingan umum masyarakat Kabupaten Bangli.

Menurut Bupati Sedana Arta, Bangli juga memiliki potensi alam yang luar biasa, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian dan pariwisata yang sedang berkembang. Di bidang pertanian, Bangli memiliki beberapa produk unggulan, seperti jeruk kintamani dan kopi arabika kintamani. Di bidang pariwisata,  Bangli memiliki pemandangan gunung dan Danau Batur sangat indah. Saat ini mulai bermunculan beberapa coffee shop di area tersebut. "Melalui pemanfaatan sumberdaya alam tersebut PAD Kabupaten Bangli dapat ditingkatkan. Saat ini PAD Kabupaten Bangli paling kecil dibandingkan Kabupaten lain yang ada di Bali," sebutnya.

Bupati Sedana Arta mengucapkan terimakasih kepada TNI , yang mana selama ini Pemerintah Kabupaten Bangli bersama Kodim/1626 Bangli sudah selalu bersinergi dalam menjaga keamanan di Kabupaten Bangli, di masa pandemi Covid- 19 serta dalam menjaga keamanan dan kenyamanan kawasan pariwisata yang ada di Bangli. "Melalui  FGD ini kami berharap, sinergitas antara Pemerintah Daerah dan TNI selalu bisa dijaga dalam memberi pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Pada akhir FGD, Bupati Sedana Arta bertemu Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Dr Dudung Abdurachman. Dia mengharapkan ke depannya Pemerintah Pusat agar selalu mendukung serta membantu keberlangsungan pembangunan- pembangunan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bangli. Langkah ini demi terwujudnya visi Nangun Sat Kerti Loka Bali di Kabupaten Bangli Menuju Bangli Era Baru.

Koordinator Staf Ahli Kasad Letnan Jendral TNI Afini Boer menyampaikan Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang yang pembangunannya terus mengalami perkembangan yang diwujudkan dalam pembangunan nasional. Pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dimana terdapat banyak hambatan dan tantangan dalam pelaksanaannya yang datang dari berbagai aspek.*esa

Komentar