nusabali

Hidup Mati Jerman Kontra Kosta Rika

  • www.nusabali.com-hidup-mati-jerman-kontra-kosta-rika

Tim harus mempertahankan level bagus. Saya sangat puas mentalitas dan kerja tim saat lawan Spanyol. Kami ingin lebih pada laga lawan Kosta Rika, dan menciptakan situasi untuk lolos.

AL KHOR, NusaBali

Jerman memang masih berpeluang lolos dari fase grup Piala Dunia 2022 ke 16 besar, walau cukup berat. Nasibnya ada di tangan Spanyol yang akan hadapi Jepang.

Jerman wajib menang besar atas Kosta Rika, dalam laga di Al Bayt Stadium pada matchday 3 Grup E, Jumat (2/12) dinihari Wita, pukul 03:00 WITA.

Semua tim di grup E masih sama-sama berpeluang lolos ke 16 besar. Namun, peluang Jerman dapat dibilang kecil, bahkan tak sebagus Kosta Rika. Sebab, Jerman juga harus mengharapkan bantuan Spanyol untuk mengalahkan Jepang di laga lainnya.

Kosta Rika, yang dibabat Spanyol 0-7 pada laga pertama, menjaga peluang berkat kemenangan 1-0 atas Jepang di laga kedua. Di lain pihak, Jerman masih tanpa kemenangan. Jerman bermain imbang 1-1 dengan Spanyol di laga kedua, usai kalah dari Jepang 1-2.

Grup E saat ini dipimpin Spanyol (4 poin), diikuti Jepang (3 poin) dan Kosta Rika (3 poin), sedangkan Jerman (1 poin) di posisi juru kunci. Jika mampu mengalahkan Jerman, Kosta Rika lolos ke 16 besar.

Dilansir dari Sporting News, Jerman harga mati harus menang atas Kosta Rika. Kalau Die Mannschaft main seri apalagi kalah, peluangnya tertutup.

Nasib Jerman juga bergantung kepada Spanyol. Jika Spanyol menang atas Jepang dan Jerman menang atas Kosta Rika, maka klasemen akhirnya Spanyol lolos sebagai juara grup (7 poin) diikuti Jerman sebagai runner-up grup (empat poin).

Kalau Spanyol dan Jepang seri dan Jerman menang, maka Jerman harus punya defisit gol lebih banyak dari Jepang. Perbandingannya, Jepang selisih golnya 0 dan Jerman selisih golnya -1.

Jika Jepang menang atas Spanyol dan Jerman menang atas Kosta Rika, maka Jepang yang memuncaki grup dengan enam poin. Spanyol masih runner up dengan empat poin dan poinnya sama dengan Jerman. Nah, Jerman harus pesta gol ke gawang Kosta Rika mengingat selisih gol Spanyol cukup besar dengan surplus 7 gol.

“Tim harus mempertahankan level yang bagus. Saya sangat puas dengan mentalitas dan kerja tim saat lawan Spanyol. Kami ingin lebih pada pertandingan berikutnya lawan Kosta Rika), dan menciptakan situasi untuk lolos,” kata Hansi Flick pelatih Jerman, di laman FIFA.

Sebelumnya Flick memuji para anak asuhnya setelah ditahan imbang 1-1 oleh timnas Spanyol. Walau tetap jadi juru kunci dengan satu poin, mereka secara teknis masih punya peluang ke 16 besar. Peluang Jerman terbuka karena Jepang kalah lawan Kosta Rika 0-1.

“Para pemain sudah berusaha sebaik mungkin untuk mampu meraih kemenangan,”kata Flick.

Sedangkan Sebuah asa diapungkan pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez jelang laga melawan timnas Jerman. DIa berharap timnya mampu mengalahkan Der Panzer dan melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022.

"Kami telah melalui banyak sekali tantangan dan rintangan, dan kami berhasil melalui itu semua," kata Suarez.

Suarez mengakui bahwa saat menghadapi Jerman nanti, timnas Kroasia tidak begitu diunggulkan untuk menang. Namun dia meminta timnya untuk terus bermimpi dan bekerja keras untuk menjadikan mimpi itu jadi nyata.

"Kami harus fokus untuk pertandingan hari Kamis nanti. Kami harus menghadapi Jerman, dan kami akan menghadapi tekanan yang sama seperti di dua pertandingan sebelumnya. Orang-orang belum bisa mencoret kami dan kami masih bisa bermimpi," kata Suarez.*

Perkiraan Starting XI
Kosta Rika (5-4-1): Keylor Navas; Bryan Oviedo, Kendall Waston, Daniel Chacon, Oscar Duarte, Keysher Fuller; Joel Campbell, Yeltsin Tejeda, Celso Borges, Gerson Torres; Anthony Contreras.
Pelatih: Luis Fernando Suarez (Kolombia).

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; David Raum, Antonio Rudiger, Niklas Sule, Thilo Kehrer; Ilkay Gundogan, Joshua Kimmich; Leroy Sane, Jamal Musiala, Serge Gnabry; Niclas Fullkrug.
Pelatih: Hansi Flick (Jerman).

Komentar