nusabali

Antisipasi Kelangkaan dan Tingkatkan Ketahanan Pangan, Badung Gelontor Bibit Cabai

  • www.nusabali.com-antisipasi-kelangkaan-dan-tingkatkan-ketahanan-pangan-badung-gelontor-bibit-cabai

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung menyerahkan bantuan bibit cabai kepada Pekaseh Subak Saih dan Kelompok Tani Cabai di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kuta Utara, Rabu (30/11).

Penyerahan bibit cabai ini sebagai upaya mengantisipasi kelangkaan cabai yang biasanya terjadi setiap awal tahun baru, liburan sekolah, serta musim hujan.

Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, mengatakan penyaluran bantuan bibit cabai menjelang akhir tahun sudah diprogramkan jauh-jauh hari. “Akhir tahun diberikan bibitnya dengan harapan nanti pada akhir Januari atau Februari tahun depan sudah mulai panen, sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan pasar,” ujarnya.

Mantan Kabag Organisasi Setda Badung ini menyebut, Pemkab Badung sudah menyiapkan ribuan bibit cabai yang akan disebar kepada subak, kelompok tani dan kelompok wanita tani yang sebelumnya sudah dipersiapkan sebagai calon penerima dan calon lahan. “Penyerahan bibit cabai ini di samping untuk menjaga ketersediaan, juga untuk meningkatkan ketahananan pangan masyarakat,” tegas Wijana.

Masih menurut Wijana, sejatinya peluang pasar bagi komoditas cabai masih sangat menjanjikan. Berdasarkan data, kebutuhan cabai di Badung setiap tahun rata-rata sekitar 1.400 ton. Sedangkan produksi cabai lokal baru bisa memenuhi sekitar 510 ton.

“Hanya saja kendalanya biaya produksi dan risiko kegagalan akibat serangan hama juga cukup tinggi. Karena itu kami setiap tahun mengalokasikan anggaran untuk pengembangan cabai agar bisa meringankan beban petani,” kata Wijana.*ind

Komentar