nusabali

PSI Bali Optimis Menatap Pemilu 2024, Targetkan Satu Fraksi DPRD Bali

  • www.nusabali.com-psi-bali-optimis-menatap-pemilu-2024-targetkan-satu-fraksi-dprd-bali

DENPASAR, NusaBali.com - DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Bali optimis menyambut perhelatan Pemilu 2024 mendatang, dengan  menargetkan membentuk satu fraksi PSI di DPRD Provinsi Bali.

Keoptimisan tersebut menjadi wajar, sebab partai berbasis pemilih milenial tersebut, kini secara struktur kepengurusan lebih matang dan solid ketimbang Pemilu 2019 lalu. 
 
“Tahun 2019 banyak sekali kita kehabisan waktu untuk verifikasi sehingga kita tidak punya banyak waktu. Partai ini kan berdiri tahun 2014, dan kemudian hampir 3 tahun kesibukan dilakukan untuk menyiapkan infrastruktur kepengurusan di 34 provinsi, sehingga memakan waktu yang cukup besar, saat itu kita tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan pengisian orang di daerah pemilihan (dapil-dapil),” ujar Ketua DPW PSI Bali, Nengah Yasa Adi Susanto, Rabu (30/11/2022).

Lebih lanjut, Adi Susanto mengatakan pada Pemilu 2024 mendatang, PSI Bali telah siap ditandai dengan kepengurusan di tingkat kecamatan mencapai hampir 75 persen, disamping pula partai dengan Ketua Umum Giring Ganesha ini, gerakannya telah masif di masyarakat serta memiliki modal suara yang cukup. 

"Apalagi pada Pemilu mendatang yang menjadi pemilih terbesar adalah kelompok muda dan milenial, dimana memang partai ini memiliki konsen terhadap kelompok tersebut. Hal ini telah terbukti, saat kampanye dan program dari PSI sering beririsan dengan kelompok tersebut" jelasnya.

Selain itu menurutnya, sejauh ini PSI Bali belum bisa terlalu optimal dan kuat dalam mengawal aspirasi masyarakat karena tidak memiliki kekuatan fraksi di DPRD Bali. 

“Saat ini kita tidak punya fraksi, menyebabkan kursi kita lemah. Seperti di DPRD Bali, PSI hanya satu kursi dan gabung fraksi bersama Hanura dan NasDem. Jadi kita tidak bisa ngotot memperjuangkan karena kekuatan yang lain lebih besar. Tetapi saat nantinya  kita punya fraksi sendiri, otomatis kekuatan kita lebih besar untuk mengawal,” terangnya.

Ia pun mengungkapkan, jika nanti diberikan amanat oleh rakyat untuk membentuk fraksi di DPRD Bali, maka PSI akan bekerja secara maksimal untuk mengawal aspirasi rakyat, sebagaimana dilakukan oleh PSI di daerah-daerah lainnya yang sudah memiliki fraksi di legislatif.

“DPRD pada hari ini sepi-sepi saja, tidak banyak perdebatan, tidak banyak diskusi-diskusi terkait dengan penyelamatan anggaran. Sepertinya eksekutif dan legislatif itu selalu sejalan. Jika PSI Bali diberikan kesempatan masuk ke sana, maka kami akan mengawal seperti yang kami lakukan didaerah-daerah lain yang memiliki fraksi, contohnya di DKI Jakarta dan Tangerang,” ujar politisi yang juga berprofesi sebagai advokat ini.

Dalam rangka mewujudkan target untuk membentuk fraksi di DPRD tersebut, Adi Susanto mengatakan, PSI Bali tengah melakukan rekruitmen bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg).

Dimana rekruitmen tidak saja ditunjukkan untuk pengurus dan anggota PSI, tapi juga terbuka untuk masyarakat luas. 

“Dimana nanti Bacaleg tersebut kita seleksi dulu secara administratif. Disamping itu kita juga memastikan bahwa Bacaleg ini DNAnya harus sesuai dengan kita (PSI) yaitu anti korupsi dan anti intoleransi. Jadi kalau ini sudah terpenuhi dan DNA nya sudah sesuai, maka kita akan seleksi lagi untuk menentukan skala prioritas,” jelasnya.

Mengenai target dapil pendulang suara, diapun membidik dapil-dapil yang memilik alokasi kursi besar untuk menembus target DPRD Bali.

"Seperti dapil Denpasar, Buleleng, Karangasem, Jembrana dan Badung, di sana akan dioptimalkan untuk berjuang memperebutkan kursi," pungkas Adi Susanto.*aps

Komentar