nusabali

Jaya Guna dan Dwiyani Primadona Kabaddi Badung

  • www.nusabali.com-jaya-guna-dan-dwiyani-primadona-kabaddi-badung

MANGUPURA, NusaBali
Tim Kabaddi Kabupaten Badung sukses sabet juara umum pada Porprov Bali XV/2022.

Tidak hanya itu, dua orang atlet kabaddi Badung jadi primadona sepanjang pertandingan yang digelar di GOR Lila Bhuana, Denpasar pada 21-26 November 2022. Mereka adalah rider putra, I Gede Jaya Guna dan rider putri, Ni Made Dwiyani Putri.

Keduanya menghadirkan aksi-aksi mengagumkan meski saling sikut untuk melaju ke babak berikutnya. Dwiyani Putri misalnya, atlet centil ini memiliki pesona tersendiri selain memang kualitas bermain yang bagus ditunjukkan di atas matras.

Tampil di nomor seven for five dan national style kabaddi, Dwiyani Putri gesit mengumpulkan poin dengan serangan yang atraktif. Meski dihadang tiga pemain lawan, mantan atlet pencak silat Badung mampu lolos dari jebakan.  Alhasil, aksi menawan ini mampu mengantarkan tim Badung sabet medali emas putri di nomor seven for five dan national style kabaddi. Sementara Jaya Guna tak kalah gaya. Penyerang andalan Badung ini bermain sangat apik. Banyak poin yang dihasilkan lewat serangan pemain asal Seminyak, Kuta ini. Melalui aksi tiger jump andalannya, Jaya Guna sangat lihai mengelabui pertahanan lawan melalui lompatan-lompatan manipulatif.

"Rider Badung itu sangat mapan dari sisi personal skill walaupun umurnya masih muda. Mereka punya kepribadian sangat dewasa mengendalikan emosi rekan-rekannya. Badung layak juara umum," ucap Ketua Umum Kabaddi Buleleng, I Made Sukawan Adika, Selasa (29/11).

Menurutnya, kelebihan tim kabaddi Badung karena solid dari sisi organisasi dan kompak pada pembinaan. "Kita sangat terukur programnya, selain sokongan anggaran yang kontinyu juga,  apalagi managernya berani keluarkan duit pribadi untuk membiayai pembinaan atletnya, tentu kami sangat mengapresiasi," tutur Sukawan Adika.

Salah seorang atlet kabaddi Badung, I Gede Jaya Guna mengungkapkan prestasi membanggakan yang diraih kabaddi di Porprov Bali salah satunya dari try out ke Thailand. Menurutnya, banyak trik serangan dan teknik permainan yang dipetik dari pemain-pemain Thailand. "Kami  belajar trik lepas dari hadangan lawan dengan teknik jumping. Ini pola permainan baru yang coba diterapkan pas Porprov Bali. Hasilnya jadi sangat positif," tandas Jaya Guna.

Sementara itu Ketua Harian Kabaddi Badung, I Kadek Sudharma Hariawan mengatakan keberhasilan kabaddi Badung sebagai juara umum Porprov Bali XV/2022 merupakan kerja bersama membangun komitmen untuk berprestasi bagi Badung. Uji coba ke Thailand, kata Sudharma Hariawan, memberi pengaruh besar bagi penampilan anak asuhnya, baik teknik maupun mental tanding.

"Atlet berjuang keras untuk menyatu dalam permainan, ada ruang yang dimaksimalkan anak-anak untuk mencuri poin. Jadi, ini strategi yang baru didapat saat try out ke Thailand," papar Sudharma Hariawan.

Ke depan, pihaknya berharap ada dukungan untuk melakukan latih tanding, baik dalam maupun luar negeri, karena dampaknya sangat terukur mendulang prestasi juara umum Porprov Bali XV/2022. *dek

Komentar