nusabali

Patung Wisnu Murti Lengkap Terpasang

Bertepatan HUT Kota Tabanan, Krama akan Gelar Tektekan

  • www.nusabali.com-patung-wisnu-murti-lengkap-terpasang

TABANAN, NusaBali
Bertepatan HUT ke 529 Kota Tabanan bagian kepala Patung Wisnu Murti di Perempatan Kediri, Tabanan dipasang, Selasa (29/11).

Kembalinya dibangun Patung Wisnu Murti di Perempatan Kediri ini disambut baik oleh masyarakat utamanya masyarakat Kediri. Bahkan rencananya ketika patung akan diresmikan, Desa Adat Kediri bakal menggelar Tradisi Tektekan.

Pemasangan bagian kepala ini dilakukan, Selasa pagi kemarin pukul 06.00 Wita. Bagian kepala ini dipasang menggunakan crane. Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Wakil Bupati I Made Edi Wirawan turut memantau pelaksanaan pemasangan tersebut.

Dalam pantauan itu, Bupati Sanjaya mengimbau agar seluruh sarana prasarana yang ada di sekitar patung direkonstruksi atau diperbarui, seperti taman dan traffic light, sehingga masyarakat nyaman. “Ini jangan sampai terlupakan, baik taman, traffic light dan lainnya yang berhubungan dengan patung harus sesuai dengan estetika dan bukan hanya keindahan,” pinta Sanjaya.

Di samping itu, dalam pengerjaan rekonstruksi patung saat ini sangat didukung oleh suasana yang sejuk, adem dan tenteram. “Hari ini (kemarin) kita patut bersyukur baik masyarakat Bali maupun Tabanan, bahwa hari ini sesuai komitmen kita bersama dan bertepatan dengan HUT ke-529 Kota Tabanan, Patung Wisnu Murti sudah kita lihat sempurna seperti yang kita harapkan,” ucap Sanjaya.

Selain bersyukur, Bupati Sanjaya juga mengungkapkan kebanggaannya bisa mewujudkan Patung Wisnu Murti berdiri tegak di Catus Pata Kediri. Menurutnya juga, Patung Wisnu Murti ini merupakan patung yang paling bagus di area Tabanan. Sementara itu Bendesa Adat Kediri Ida Bagus Ketut Arsana mengatakan kembalinya dibangun Patung Wisnu Murni disambut luar biasa masyarakat. Apalagi saat Patung Wisnu Murti sebelumnya dibongkar dan diganti Patung Bunga Karno banyak masyarakat yang tidak puas.

"Jadi ini mimpi dari masyarakat terwujud," ujarnya. Dengan dibangunnya kembali Patung Wisnu Murti saat peresmian nanti Desa Adat Kediri bakal melaksanakan tradisi tektekan yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Raya Nyepi. "Mudah-mudahan dengan kembalinya dibangun Patung Wisnu Murti yang merupakan ikon dari Catus Pata Kediri masyarakat bisa kembali bersatu," harap Arsana.

Hal senada juga disampaikan Bendesa Adat Banjar Anyar I Made Raka. Menurutnya kembali dibangunnya Patung Wisnu Murti di Catus Pata Kediri akan lebih memperlihatkan ketaksuan dan kesakralan seluruh rangkaian upacara yang digelar dengan mengambil lokasi di Catus Pata. Seperti, ritual Ngider Bhuana Ida Bhetara pada sasih kanem yang akan digelar pada tanggal 23 Desember 2022.

"Rancangan Ida Bhetara, Petengen, Tapakan, Ratu Gede melancaran ngider bhuana, meski sudah sering dilakukan di Catus Pata tentunya kali ini akan jauh berbeda suasananya dan lebih metaksu dengan simbol Wisnu Murti, krama tentu akan lebih semangat lagi," katanya. Sementara itu Kepala Dinas PU Tabanan, Made Dedi Darmasaputra mengatakan setelah bagian kepala patung dan mahkota Wisnu Murti terpasang akan dilakukan tahap finishing seperti pemasangan cincin api (suryaning kala) serta punggung di bagian belakang kepala berupa rambut serta pengecatan. Untuk finishing memang ditarget rampung sebelum tanggal 16 Desember 2022 sesuai masa kontrak. *des

Komentar