nusabali

Hujan Deras, Puluhan Rumah di Jembrana Kebanjiran

  • www.nusabali.com-hujan-deras-puluhan-rumah-di-jembrana-kebanjiran

NEGARA, NusaBali
Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Jembrana, Senin (28/11) malam, mengakibatkan banjir di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, dan Desa Tuwed, Kecamatan Melaya.

Genangan air mencapai setinggi pinggang orang dewasa sempat merendam sebanyak 85 rumah warga di dua desa tersebut.

Dari informasi, peristiwa banjir di Desa Kaliakah sempat merendam sebanyak rumah 70 KK yang ada di wilayah Banjar Kaliakah. Selain luapan air dari saluran drainase, banjir di Desa Kaliakah yang terjadi pada sekitar pukul 19.00 Wita itu, juga dipicu luapan air dari Sungai Kaliakah. Hal itu karena pintu Bendung Banyubiru I di Sungai Kaliakah tertutup sampah kayu dan pohon bambu sehingga air meluap di utara bendung.

Sementara banjir di Desa Tuwed, dilaporkan sempat merendam rumah 15 KK di Banjar Puseh. Banjir yang juga terjadi hampir bersamaan dengan di Kaliakah itu, terjadi karena luapan air dari saluran drainase setempat. Di mana bangunan saluran drainase di wilayah tersebut, lebih tinggi dari kawasan pemukiman warga sehingga air meluap ke rumah-rumah warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana, Selasa kemarin, mengatakan setelah menerima laporan banjir di Kaliakah pada Senin malam, sempat menerjunkan anggota ke lapangan.

Selain menggenangi areal pekarangan rumah warga, di beberapa rumah warga juga terjadi air yang sampai masuk ke dalam rumah.

Namun, kata Agus, warga menolak untuk dievakuasi. Pasalnya air yang sempat merendam rumah warga sudah mulai surut pada Senin malam tersebut. “Dari hasil asesmen kami, ada sekitar 70 KK yang terdampak. Air naik hampir setinggi pinggang orang dewasa karena ada luapan air dari got (saluran drainase) dan Sungai Kaliakah,” ucap Agus. *ode

Komentar