nusabali

Kuliah Jarak Jauh Makin Diminati, Universitas Terbuka Gelar INNODEL 2022 di Bali

  • www.nusabali.com-kuliah-jarak-jauh-makin-diminati-universitas-terbuka-gelar-innodel-2022-di-bali

MANGUPURA, NusaBali.com – Semakin ‘diterimanya’ pembelajaran jarak jauh (daring) pada saat pandemi lalu, berimbas pada semakin diminatinya Universitas Terbuka bagi lulusan SMA yang hendak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Tantangan untuk semakin mengembangkan pembelajaran jarak jauh itu pula yang memacu Universitas Terbuka (UT) untuk menemukan terobosan-terobosan inovasi baru.

Karena itu pula  Universitas Terbuka menggelar International Conference on Innovation in Open and Distance Learning (INNODEL) di The Anvaya Beach Resort Kuta, Bali, 29-30 November 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PRI-PTJJ), Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka (UT) ini mengangkat tema ‘Emerging Technology for Open and Distance Education: Opportunity, Agility, and Adaptability’ 

Kegiatan  yang terdiri atas workshop, konferensi, dan pameran ini bertujuan untuk membawa isu terkini dan melakukan inovasi dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh yang perlu dikembangkan untuk mendorong pemerataan akses pendidikan terbuka dan jarak jauh yang berkualitas. 

INNODEL ini pun dimaksudkan mendorong diseminasi inovasi open and distance learning (ODL) agar berpeluang menjadikan ODL lebih efektif dan inklusif. 

“INNODEL merupakan forum bagi pendidik, praktisi, pembuat kebijakan, dan penyedia teknologi pendidikan untuk berbagi minat bersama. Tidak dapat disangkal bahwa ODL akan menjadi alat utama untuk peningkatan kapasitas manusia karena kualitas, fleksibilitas, dan interoperabilitasnya akan memfasilitasi ekosistem pembelajaran digital yang baru,” kata Prof Ojat Darojat MBus PhD.

“Kami percaya bahwa dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak akan memperkuat masa depan pendidikan terbuka dan jarak jauh,” lanjut Prof Ojat.

Para keynote speaker yang mengisi kegiatan ini antara lain Dr Martin Dougiamas, the Founder and CEO of Moodle; Prof Ir Tian Belawati MEd PhD dari Universitas Terbuka Indonesia; Prof Benedict du Boulay, Emeritus Professor of Artificial Intelligence, University of Sussex, United Kingdom; Prof Patricia B Arinto EdD, Dean University of the Philippines Visayas - Tacloban Collage; Sridhar Sunkad, Regional Director - EON Reality, Singapore; dan Dr Ethel Joan Atienza, INNOTECH, SEAMEO. 

“Selain itu, kegiatan INNODEL 2022 diselenggarakan secara blanded (luring dan daring) yang dihadiri lebih dari 250 partisipan dari berbagai negara di Asia dan Afrika, seperti India, Pakistan, Palestina, Malaysia, Filipina, Nigeria, dan Indonesia,” tambah Ketua Panitia 2022 INNODEL Prof Daryono SH MA PhD. 

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat belakangan ini ikut membuat mahasiswa Universitas Terbuka kian mudah mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Prof Ojat membandingkan dengan era 1984 yang masih konvensional, dimana bahan ajar masih berupa cetakan, dan interaksi yang dilakukan antara mahasiswa dan dosen harus melalui korespondensi. “Dulu banyak kendala, sekarang seiring kemajuan teknologi informasi sudah sangat bagus. Bahkan pembelajaran jarak jauh menjadi trend di masa depan,” kata Prof Ojat.

Jumlah mahasiswa pun diakui meningkat drastis, terutama setelah terjadi pandemi. “Bukan sekadar naik, tapi melompat. Di Bali misalnya, dari biasanya 600 mahasiswa, menjadi 3.500 mahasiswa,” ungkap Prof Ojat.

Secara keseluruhan, mahasiswa baru yang mendaftar mencapai angka 10.000an dari sebelum pandemi yang hanya di angka 4.000an.

“Orang-orang sudah  move on dari pembelajaran tradisional konvensional setelah pada masa pandemi lalu kampus-kampus lockdown. Mahasiswa pulang ke daerah masing-masing, kost-kostan sepi,” urai Prof Ojat.

Komentar