nusabali

Poltrada Bali Tuan Rumah Simposium Forum Studi Transportasi

  • www.nusabali.com-poltrada-bali-tuan-rumah-simposium-forum-studi-transportasi

GIANYAR, NusaBali
Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah dalam acara Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) XXV tahun 2022 sebagai wahana bertukar kajian, pandangan dan pengalaman terkini dalam pengembangan sektor transportasi.

Direktur Politeknik Transportasi Darat Bali Dr Ir Efendhi Prih Raharjo, ST, SSiT, MT di Gianyar, Sabtu di sela-sela acara Simposium FSTPT tersebut mengatakan telah menerima lebih dari 275 paper yang berkaitan dengan transportasi untuk kegiatan simposium ini.

"Kegiatan Simposium FSTP merupakan satu agenda utama FSTPT yang diselenggarakan sebagai salah satu wahana dalam berbagi informasi maupun pengalaman diantara anggota maupun pemangku kepentingan (stakeholder) terkait," ujar Efendhi.

FSTPT yang awalnya digagas oleh sembilan perguruan tinggi di Indonesia pada 1998, saat ini keanggotaannya sudah 153 perguruan tinggi. Efendhi menambahkan, FSTPT telah menjadi kegiatan rutin tahunan yang diadakan bergantian di berbagai kampus di Indonesia untuk meningkatkan interaksi dan komunikasi antara sesama mahasiswa, staf pengajar, dan peneliti di bidang transportasi.

Simposium FSTPT XXV siap menjadi platform yang sangat baik bagi para peneliti, praktisi, pejabat publik, dan mahasiswa, dan stakeholder dari Indonesia dan luar negeri untuk bertukar pikiran, kajian, pandangan, ide dan pengalaman terkini dalam pengembangan sektor transportasi.

Diskusi dan pertukaran informasi untuk kegiatan simposiun tahun ini difokuskan pada tema utama, yaitu Penguatan Konektivitas dan Integrasi Transportasi untuk Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Nasional.

Ketua Majelis Profesi dan Etik Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Prof Dr Agus Taufik Mulyono menambahkan FSTPT juga dinilai menjadi forum persahabatan hati bagi para peneliti, praktisi, pejabat publik, dan mahasiswa, dan pemangku kepentingan di bidang transportasi.

"Forum ini tidak dibentuk pemerintah tidak dibentuk oleh kekuasaan, tidak dibentuk kelompok tertentu, tetapi kesadaran yang dibangun pada 1998 yang digagas oleh ITB bersama perguruan tinggi lainnya," kata Prof Taufik.

Forum FSTPT, lanjut dia, juga ditujukan untuk mendidik mahasiswa agar mampu menampilkan karya-karya ilmiahnya mengenai berbagai tema yakni energi transportasi, manajemen transportasi, keselamatan transportasi dan sebagainya. *

Komentar