nusabali

Maroko Hajar Belgia 2-0

  • www.nusabali.com-maroko-hajar-belgia-2-0

DOHA, NusaBali
Di atas kertas diunggulkan bisa menggulung Maroko, faktanya Belgia mengalami kesulitan dalam laga kedua Grup Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Al Thumana, Qatar, Minggu (27/11) malam.

Bahkan tak disangka Belgia takluk 0-2 dari Maroko. Setelah kedua tim berbagi angka 0-0 di babak pertama, kejutan terjadi di babak kedua saat tendangan bebas Abdelhamed Sabiri menjebol gawang belgia yang dijaga Thibaut Coutois di menit 73. Dimasukkannya Sabiri dari bangku cadangan menggantikan Selim Amallah di menit 68 ini menjadi strategi jitu pelatih Maroko Walid Reragui.

Maroko sendiri sebenarnya tampil apik sebagaimana saat bermain imbang 0-0 dengan runner-up Piala Dunia 2018 Kroasia. Bahkan di menit 43, aksi Hakim Ziyech sebenarnya sudah menggetarkan gawang Courtois. Namun gol Ziyech dianulir oleh VAR karena dianggap sudah berdiri offside.

Pada masa injury time babak II, tepatnya menit 90+2, umpan tarik  Ziyech disambut Zakaria Aboukhlal. Tembakan Zakaria itu pun tak sanggup ditahan penjaga gawang terbaik dunia Thibaut Courtois, 2-0. Skor mengejutkan itu pun membuat Belgia urung memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Dengan hasil ini, Maroko memimpin Grup F dengan 4 poin, diikuti Belgia 3 poin hasil kemenangan 1-0 atas  Kanada. Sementara itu Kroasia dan Kanada saat berita ini diturunkan masih bertanding.

Saat menghadapi Belgia, Maroko menurunkan line up seperti saat bertemu Kroasia. Sebaliknya pelatih Belgia Roberto Martinez menurunkan pemain Borussia Dortmund Thorgan Hazard,  Martinez juga turut memainkan gelandang Everton Amadou Onana menggantikan Youri Tielemans yang pada laga menghadapi Kanada bermain sejak menit pertama. Pelatih asal Spanyol itu juga menurunkan pemain Borussia Dortmund Thomas Meunier menggantikan Leander Dendoncker di belakang, sedangkan bek Leicester Wout Faes yang sedang dalam performa bagus kembali tersisih. *mao

Komentar