nusabali

Prancis Lolos dari Kutukan Juara Bertahan

  • www.nusabali.com-prancis-lolos-dari-kutukan-juara-bertahan

Terakhir kali juara bertahan lolos dari fase grup terjadi saat Brasil melakoni Piala Dunia 2006. Setelah itu tim berstatus juara bertahan rontok di babak awal.

DOHA, NusaBali
Les Bleus Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mencatat kemenangan 2-1 atas Denmark di Stadion 974, Minggu (27/11) dini hari Wita.

Dua gol Prancis diborong Kylian Mbappe saat laga masuk satu jam.  Tak lama kemudian Andreas Christensen menyamakan kedudukan untuk Denmark sebelum Mbappe kembali mencetak gol pada menit ke-86 setelah meneruskan umpan silang Antoine Griezmann.

Kemenangan ini membuat Prancis mengumpulkan 6 poin setelah di laga pembuka Grup D, mengalahkan Australia 4-1.  Prancis hanya perlu hasil seri dalam pertandingan terakhir melawan Tunisia agar finis di puncak grupnya

Pencapaian Prancis ini berbeda jauh dengan tiga juara bertahan Piala Dunia sebelum mereka yang tersingkir pada babak penyisihan grup. Italia adalah juara bertahan terakhir yang tersingkir pada rintangan pertama dalam Piala Dunia 2010. Nasib yang sama menimpa Spanyol pada 2014 dan Jerman empat tahun kemudian.

Pelatih Prancis Didier Deschamps menegaskan tidak pernah khawatir timnya mungkin menjadi juara bertahan berikutnya yang tersingkir dari Piala Dunia. "Saya tidak pernah khawatir, meski Anda tahu atmosfer dalam skuad tidak selalu tenang,"kata Deschamps.

Sebagaimana diketahui sebelum turnamen ini, Prancis dihantam badai cedera pemain-pemain kuncinya, termasuk Karim Benzema dan N'Golo Kante yang akhirnya tak ikut ke Qatar. "Saya bangga sekali kepada apa yang telah dilakukan pemain-pemain saya malam ini," kata Deschamps seperti dikutip AFP.

Deschamps juga menyanjung habis-habisan Kylian Mbappe yang mencetak kedua gol Prancis dan juga menyamai koleksi gol Zinedine Zidane untuk timnas Prancis dengan 31 gol. "Kylian pemain yang luar biasa hebat. Dia memiliki kemampuan menjadi penentu dan bisa membuat perbedaan sekalipun lawan berusaha menghentikan dia," sambung Deschamps.

Mbappe kini sudah memasukkan tujuh gol dalam sembilan penampilan Piala Dunia. Sebelumnya striker Paris Saint-Germain ini telah mencetak empat gol untuk Prancis pada Piala Dunia 2018 dan satu gol saat melawan Australia pekan lalu.

Denmark yang baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan menyelamati Prancis. "Selamat kepada Prancis atas kemenangan ini. Anda tak bisa menyangkal kemenangan itu," kata pelatih Denmark Kasper Hjulmand. "Saat ini kami kecewa sekali tetapi akan kembali ke jalur dan menatap ke depan." *ant

Komentar