nusabali

283 Prajurit Siswa Ikuti Dikmata

  • www.nusabali.com-283-prajurit-siswa-ikuti-dikmata

DENPASAR, NusaBali
Setelah melewati proses seleksi yang panjang, akhirnya 283 Prajurit Siswa berhasil lolos dan mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II TA 2022.

Pembukaan Dikmata digelar di Lapangan Candradimuka Secata 'A' Rindam IX/Udayana, Jalan Surapati Kelurahan Banyuning, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Pembukaan Dikmata dipimpin oleh Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Togu Parmonangan menggantikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto yang berhalang hadir. Dalam amanat yang dibacakan Danrindam, Pangdam mengungkapkan, ratusan prajurit siswa yang akan mengikuti pendidikan ini melewati proses yang tak mudah. Mereka diseleksi sangat ketat dan memerlukan konsentrasi pikiran, waktu, dan tenaga.

“Para siswa prajurit yang lolos ini tentu merasa bangga, karena telah terpilih di antara sekian banyak calon untuk dapat mengikuti pendidikan di Secata Rindam IX/Udayana. Selamat datang dan selamat berlatih kepada seluruh siswa,” ujar Pangdam.

Pangdam mengatakan pendidikan pertama yang diikuti sekarang ini adalah merupakan pendidikan pembentukan dasar-dasar keprajuritan, yang bertujuan untuk mengubah kehidupan para siswa Secata dari kehidupan masyarakat biasa (sipil) ke dalam kehidupan militer.     

“Ikuti dan laksanakan dengan sungguh-sungguh semua petunjuk, perintah, dan arahan para pelatih serta para guru militer, sehingga terbentuk fisik dan mental seorang prajurit yang tangguh dan profesional,” tegas jenderal bintang dua di pundak ini.

Pangdam menyerahkan para Siswa Secata kepada Danrindam IX/Udayana, agar para siswa dididik, dilatih, dan dibekali pengetahuan serta keterampilan sesuai dengan kurikulum pendidikan yang telah ditentukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Upacara pembukaan tersebut dihadiri oleh Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, Kakesdam IX/Udy, Kazidam IX/Udy, para Dansatdik Rindam IX/Udayana, Dandim 1609/Buleleng, pelatih Secata Rindam IX/Udayana. *pol

Komentar