nusabali

Tutup Porprov, Gubernur Koster Akui Cukup Berkualitas

Badung Juara Umum I, Disusul Kota Denpasar dan Buleleng

  • www.nusabali.com-tutup-porprov-gubernur-koster-akui-cukup-berkualitas

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster menutup secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV/2022 ditandai dengan penekanan sirine di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jaya Sabha Denpasar pada Redite Paing Gumbreg, Minggu (27/11) malam.

Orang nomor satu di Pemprov Bali ini mengakui gelaran pesta olahraga
multievent dua tahunan antar Kabupaten/Kota sudah berjalan cukup
berkualitas. Hasilnya Kabupaten Badung keluar sebagai juara umum I
dengan raihan 177 emas, 124 perak, dan 132 perunggu.

Dalam Penutupan Porprov Bali XV/2022, Gubernur Koster didampingi Dewan Penyantun KONI Bali yang juga anggota DPD RI Anak Agung Gde Agung, Ketua Panpel I Gusti Ngurah Oka Darmawan, dan Kepala Disdikpora Provinsi Bali I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa. Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya mengapresiasi Porprov Bali telah berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Dia mengatakan dari awal mulai persiapan hingga akan dilaksanakan dan selama pelaksanaan Porprov terus mengikuti. Kata Gubernur Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini, pada acara pembukaan Porprov itu juga bagus, apalagi kegiatan setingkat acara Provinsi. Semuanya berjalan sangat bagus, selama berlangsungnya pertandingan juga berjalan lancar. Bahkan sempat memantau perkembangan hasil cabor (Cabang Olahraga) lewat WhatsApp grup terutama cabor bola voli, dan basket yang sangat dia gemari.

Gubernur Koster yang mantan anggota DPR RI 3 periode ini juga mengakui selama penyelenggaraan tidak ada sesuatu yang membuat panas dan ribut atau suasana tidak kondusif, semuanya berjalan lancar karena spirit kebersamaan dan menjunjung tinggi sportivitas. Gubernur Koster juga mengapresiasi disiplin insan olahraga di Bali dengan penuh tanggungjawab, membangun keolahragaan di Provinsi Bali.

"Soal ada yang dapat medali atau tidak, namanya kejuaraan pasti ada juara dan tidak juara, saya ucapkan selamat untuk semuanya," kata Gubernur Koster. Dia juga memberikan selamat kepada Kabupaten Badung sebagai juara umum pertama, Kota Denpasar sebagai juara umum kedua, dan Kabupaten Buleleng keluar sebagai juara umum ketiga. Kata dia, untuk yang belum dapat meraih juara umum, jangan sampai kecewa atau sampai kecewa secara berlebihan.

"Saya akui Porprov Bali tahun ini proses yang sangat bagus, cukup berkualitas walaupun uangnya pas-pasan," tegas Gubernur Koster. Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Porprov Bali 2022 yang juga Ketum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menegaskan Porprov Bali XV/2022 yang berjalan sejak 21-27 November 2022 berjalan dengan sukses dan lancar, semua itu atas dukungan stakeholder terkait mensukseskan gelaran pesta olahraga multievent dua tahunan antar Kabupaten/Kota tersebut.

Kata Oka Darmawan yang juga mantan Sekum KONI Bali ini, kebanggaan Porprov untuk tahun ini, kegiatan benar-benar dilaksanakan secara gotong-royong oleh insan olahraga di Bali. Kata Oka Darmawan yang juga mantan Ketum Pengprov Perbasi Bali ini, dari total 2.819 partai pada ajang Porprov, tercatat pemecahan rekor Porprov sebanyak 7 nomor di cabang olahraga atletik, 7 nomor di cabang olahraga renang dan 1 nomor di cabang olahraga panjat tebing, dari 4.416 orang atlet yang didampingi 1.014 pelatih dan official.

Hasilnya, Kontingen Kabupaten Badung keluar sebagai juara umum I dengan raihan 177 emas, 124 perak, dan 132 perunggu, juara umum II Kota Denpasar 146 emas, 150 perak, dan 154 perunggu, juara umum III Kabupaten Buleleng dengan raihan 75 emas, 71 perak, dan 102 perunggu. Oka Darmawan yang juga mantan Waketum KONI Bali ini menambahkan sebanyak 20 cabang olahraga atau 46,51 persen cabang binaan olahraga Kabupaten Badung keluar sebagai juara umum, disusul Kota Denpasar juara umum 14 cabang olahraga atau sebesar 32,96 persen, Kabupaten Buleleng mendapatkan sebanyak 6 cabang olahraga sebagai juara umum atau sebanyak 13,96 persen.

Selanjutnya, Kabupaten Tabanan menjadi juara umum 2 cabor atau sebanyak 4,65 persen, dan terakhir Kabupaten Klungkung menjadi juara umum sebanyak 1 cabor atau 2,33 persen. Sementara itu untuk yel-yel kreatif saat pembukaan, juara pertama didapatkan Kontingen Kota Denpasar, kreatif dua diraih Badung, dan yel kreatif tiga Kabupaten Klungkung. Di satu sisi untuk atlet terbaik putri pada ajang Porprov Bali XV/2022 diraih atlet panahan Bucika Dinda Zahrevi Rahardjo,20, asal Kota Denpasar meraih 4 emas.

Kemudian atlet terbaik putra dari cabang olahraga panjat tebing, I Gusti Ngurah Bayu Segara,20, asal Badung peraih 3 medali emas yang juga merupakan atlet Desain Besar Olahraga Olahraga Nasional (DBON). Sementara Kontingen favorit diraih Kabupaten Buleleng. *dek

Komentar