nusabali

PSSI Jajaki Bina Pemain Muda ke Belanda

  • www.nusabali.com-pssi-jajaki-bina-pemain-muda-ke-belanda

JAKARTA, NusaBali
Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita mengatakan, pihaknya menjajaki kerja sama dengan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB), yang di dalamnya termasuk soal pembinaan pemain muda seperti ‘Garuda Select’ dalam bentuk lebih baru.

"Kami memang sudah menjajaki beberapa program kerja sama. Bisa ke arah sana (seperti Garuda Select-red). Tunggu saja," ujar Maaike di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11).

Garuda Select merupakan program pengembangan pemain belia Indonesia oleh PSSI dan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang penyiaran. Pada program yang dimulai sejak tahun 2019 dan kini sudah memasuki angkatan kelima itu, PSSI mengirimkan pemain-pemain remaja berbakat untuk berlatih dan berlaga di Inggris serta beberapa negara lain di Eropa.

Menurut Maaike, saat ini, PSSI tengah menyusun perincian kemitraan dengan KNVB yang nantinya dituangkan dalam sebuah Notal Kesepahaman (MoU). MoU itu, dia melanjutkan, ditargetkan untuk ditandatangani kedua federasi pada tahun 2023 atau lebih cepat.

Selain pembinaan pemain muda, Ira menyebut kerja sama dengan KNVB juga meliputi program pelatihan pelatih, pemantauan bakat dan pengembangan sepak bola putri.

"Kami menjajaki dari pelatihan pelatih dan 'talent scouting'. Bagaimana caranya mengidentifikasi dan memetakan bakat-bakat di Indonesia. Untuk sepak bola wanita, kami mencari cara bagaimana meningkatkan kualitas timnas putri kita karena timnas putri Belanda akan bermain di Piala Dunia Putri di Australia tahun 2023," tutur Maaike.

Sementara Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menganggap progres kerja sama PSSI dengan KNVB terus berkembang setelah dirinya bertandang ke Kantor KNVB di Belanda pada Oktober 2022.

Jika dikerucutkan, kata Indra, kemitraan dengan KNVB terdiri dari dua persoalan yakni kepelatihan dan kurikulum.

"Untuk kemungkinan dalam bentuk lain, kami akan mendiskusikannya dengan KNVB," ujar pria yang sebagai pelatih membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 itu.

Diskusi PSSI dan KNVB dirajut lebih lanjut seiring dengan digelarnya acara "Oranje Indonesia Festival" pada 25 November 2022 di Jakarta. Dalam kegiatan yang menghimpun para penggemar tim nasional Belanda di Indonesia, KNVB mengirimkan perwakilannya yakni Ilja Dijkstra yang merupakan Kepala Strategi Pemasaran Internasional KNVB. *ant

Komentar