nusabali

Potong Tumpeng, Pentas Budaya, dan Magibung

Perayaan Hari Guru dan HUT PGRI di Karangasem

  • www.nusabali.com-potong-tumpeng-pentas-budaya-dan-magibung

AMLAPURA, NusaBali
Puncak perayaan Hari Guru dan HUT ke-77 PGRI di setiap sekolah di Karangasem, Jumat (25/11), diisi dengan beragam kegiatan.

Mulai dari potong tumpeng, pentas budaya, hingga magibung massal. Acara itu dilaksanakan, setelah Apel Hari Guru dan HUT PGRI di sekolah masing-masing dengan pembina upacara kepala sekolah setempat. Di SLB Negeri Karangasem misalnya, usai apel bendera, digelar potong tumpeng di bawah koordinasi Kasek Mudi Dwikorahesti, di Lingkungan Telaga Mas, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem. Dia memotong tumpeng, kemudian menyerahkannya kepada Wakasek SLBN Karangasem, dan guru senior.

Begitu juga di SMPN 2 Abang, Banjar Kebon, Desa Kertamandala, Kecamatan Abang, selain potong tumpeng, siswa dapat kesempatan pentas sesuai bakat seni masing-masing, sebagai bentuk apresiasi kepada guru yang tengah merayakan ulang tahun. Acara tersebut di bawah koordinasi Wakasek Humas Ida Ayu Ebayanti. "Acaranya usai apel, potong tumpeng, kemudian memberikan ucapan selamat Hari Guru dari siswa kepada guru, serta siswa mengisi acara pentas budaya," jelas Ida Ayu Ebayanti.

Berbeda dengan di SDN 1 Antiga, Kecamatan Manggis, usai apel bendera, seluruh siswa memberikan ucapan kepada guru pengajar, dalam acara di bawah koordinasi Kasek  I Nyoman Karia. Sedangkan, perayaan di SMAN 1 Amlapura Jalan Ngurah Rai Amlapura, di bawah koordinasi Kasek I Ketut Marta Ariana, usai apel bendera, seluruh siswa berprestasi dapat apresiasi, dengan cara mengajak magibung (makan bersama secara lesehan).

Biaya kegiatan itu, kata dia, dari penyisihan sebagian hadiah Lomba Gerak Jalan HUR RI sebelumnya. "Sebagian hadiah uang kami gunakan untuk magibung. Sebagian  lagi, untuk siswa dan guru pembina. Sehingga semua guru dan siswa berprestasi menikmati, hasil kerja keras lomba gerakan jalan itu," jelas Marta Ariana.

Perayaan di lingkungan Pemkab Karangasem dengan menggelar jalan santai, hadir Bupati Karangasem I Gede Dana, turut mendampingi Sekda I Ketut Sedana Merta, Ketua PGRI Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, dan segenap pimpinan OPD. Jalan santai itu bukan saja untuk merayakan Hari Guru dan HUT PGRI, juga menjelang HUT ke-51 Korpri, yang nantinya perayaannya jadi satu, di Lapangan Tanah Aron Jalan Ngurah Rai, Selasa (29/11). *k16

Komentar