nusabali

Air Asia X Buka Rute Kuala Lumpur-Bali

  • www.nusabali.com-air-asia-x-buka-rute-kuala-lumpur-bali

MANGUPURA, NusaBali
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung kembali menerima penerbangan perdana dari maskapai Air Asia X pada Kamis (24/11).

Penerbangan langsung itu melayani rute Kuala Lumpur - Bali. Diharapkan dengan penambahan rute itu akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

General Manager Angkasa Pura I (AP I) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan menyambut baik kembali beroperasinya Air Asia X dengan rute Kuala Lumpur - Bali - Kuala Lumpur. Dia berharap, dengan reaktivasi rute tersebut bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan pergerakan di bandara tersibuk kedua di Indonesia itu. Apalagi pada 2022, AP I menargetkan melayani 11 juta penumpang baik domestik maupun internasional. “Melihat angka penumpang yang terus bertambah setiap bulan, kami optimis mencapai target,” kata Handy, Jumat (25/11).

Dalam pendaratan perdananya, Pesawat Air Asia X dengan tipe pesawat Airbus A 330 nomor penerbangan D7 798 mengangkut 227 penumpang dari Kuala Lumpur menuju Bali. Pesawat tersebut kembali terbang menuju Kuala Lumpur dengan mengangkut 325 penumpang. Pesawat Air Asia X akan melayani penerbangan tiga kali dalam seminggu.

“Rute tersebut akan beroperasi pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Tentunya penerbangan tersebut semakin menambah konektivitas kota Kuala Lumpur dengan Bali, yang saat ini sudah dilayani oleh empat maskapai,” beber Handy.

Menurut Handy warga Malaysia merupakan salah satu yang paling banyak mengunjungi Pulau Bali tahun 2022. Dalam catatannya terdapat 56.026 warga Malaysia yang berkunjung, dari Januari hingga Oktober. “Penambahan rute tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Bandara Ngurah Rai yang menargetkan pelayanan 11 juta penumpang pada 2022,” katanya.

Untuk diketahui, saat ini Bandara Ngurah Rai melayani sebanyak 22 rute internasional yang dilayani oleh 25 maskapai. Jumlah tersebut akan bertambah lantaran ada beberapa maskapai yang akan melakukan penerbangan perdana pada November ini. “Ke depannya ada beberapa maskapai juga yang akan membuka rute langsung ke Bali,” kata Handy. *dar

Komentar