nusabali

2023, Bangli Makin Kekurangan Guru

  • www.nusabali.com-2023-bangli-makin-kekurangan-guru

Kekurangan guru terbanyak di Bangli untuk jenjang pendidikan SD, yakni guru kelas 278 orang.

BANGLI, NusaBali
80 guru di Bangli akan pensiun akhir tahun 2022. Dengan makin banyak guru pensiun, maka Bangli tahun 2023 makin kekurangan guru. Sebelumnya, Bangli kekurangan 338 guru.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli I Komang Pariarta menjelaskan salah satu faktor utama kekurangan guru di Bangli karena banyak guru yang pensiun. Menurut dia, data usulan tahun 2021 kebutuhan guru di Bangli 338 orang, dan tahun 2022 ada guru pensiun 80 orang. "Jika diakumulasi kekurangan guru di Bangli total 418 orang," ungkapnya Jumat (25/11).

Kekurangan guru terbanyak di Bangli untuk jenjang pendidikan SD, yakni guru kelas 278 orang. Tidak hanya itu dibutuhkan pula guru pendidikan jasmani (Penjas) sebanyak 35 orang, guru agama Hindu 34 orang, dan guru bahasa Indonesia 15 orang. "Kami sudah berupaya melakukan antisipasi. Salah satunya melalui rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," ujarnya.

Selain melalui rekrutmen PPPK, untuk mengisi kekosongan juga dilakukan pengangkatan tenaga pengabdi di masing-masing sekolah. Pariarta menyebut pengangkatan pengabdi masih diperbolehkan selama dibutuhkan. Namun memang diprioritaskan pengangkatan PPPK. Ditambahkan, masih ada sisa kuota pengangkatan PPPK tahun 2021. Di mana pada gelombang ke 3 ini, sisa kuotanya sebanyak 58 orang. *esa

Komentar