nusabali

Nominasi CSR Award, Tim Site Visit BUMN CSR Award Datangi Telkom

  • www.nusabali.com-nominasi-csr-award-tim-site-visit-bumn-csr-award-datangi-telkom

DENPASAR,NusaBali
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Wilayah Telekomunikasi (Witel) Denpasar didatangi Tim Site Visit Penilaian BUMN CSR (Coorporate Social Responsibility) Provinsi Bali Tahun 2022, Kamis (24/11).

Kedatangan Tim yang diketuai  Anak Agung Elik Astari, terkait dengan kembalinya Telkom masuk nominasi BUMN CSR Award 2022.

BUMN CSR Award merupakan suatu ajang apresiasi bagi perusahan BUMN yang berhasil mengimplementasikan kegiatan CSR secara baik dan menyeluruh serta  inovatif.  Tujuannya memberikan motivasi kepada BUMN untuk terus melakukan inovasi dan berbagai program CSR, sehingga memberikan dampak  yang luas bagi  masyarakat.

Ketua Tim Penilai Anak Agung Elik  Astari, menjelaskan BUMN CSR Award dilaksanakan  setiap tahun. Indikator  penilaian meliputi  antara lain  lingkungan dan budaya, sosial media dan hospitality.

“Benang merahnya  tidak hanya tahun ini, kita akan melihat dari  program-program mulai  2018,”  ujar AA Elik Astari, tentang award yang digagas DPD RI Provinsi Bali.

Dikatakan akademisi asal Seminyak, Kuta, Badung ini, dari situlah akan dilihat, tentang konsitensinya. Apakah Telkom  sudah benar- benar konsisten dengan program CSR atau setiap tahun ada program baru yang diberikan kepada masyarakat.  Juga mendukung  program pemerintah yakni SDGs (Sustainability Develompment Goals).

Sementara Deputi GM Telkom Witel Denpasar Anak Agung Gede Pemayun atau Agung Pemayun menyatakan sebagai BUMN Telkom berkewajiban untuk mendukung pemerintah meningkatkan kinerja program CSR atau tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“Telkom mendukung kegiatan pengembangan masyarakat melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dan Program Pemberdayaan Sosial  Ekonomi dan Lingkungan (PSEL).”

PUMK dalam bentuk penyaluran dana bergulir sebagai modal kerja untuk meningkatkan produksi dan penjualan para pelaku UMKM. Sedang PSEL merupakan bantuan program bina lingkungan, meliputi  bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, bantuan tempat ibadah. Juga kelestarian alam, sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Dijelaskan Agung  Pemayun, PUMK dalam bentuk dana bergulir modal kerja dimulai sejak 2002. Khusus untuk tahun 2022 sampai dengan triwulan 3, Telkom telah menyalurkan Rp 3,6 miliar kepada 111 mitra binaan (UMKM).

Melalui PSEL, lanjut Agung  Pemayun, Telkom telah memberikan bantuan renovasi pura, bantuan computer dan orbit di Karang Taruna Abiansemal dan penyaluran wastafel di klaster- klaster perumahan.

Telkom Denpasar sendiri sudah mendapatkan penghargaan  katagori Gold berturut sejak 2018 sampai 2020. Kemudian katagori Platinum pada 2021. Sedang untuk tahun 2022 ini kembali untuk penilaian katagori gold, silver dan bronze. *K17

Komentar