nusabali

Bupati Gede Dana Menyapa Guru di Selat dan Manggis

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-menyapa-guru-di-selat-dan-manggis

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana menyapa guru di Kecamatan Selat di Bale Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, dan Kecamatan Manggis di Bale Banjar Karangasem, Desa Sengkidu, Kamis (24/11).

Kegiatan ini serangkaian peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru, puncaknya pada Jumat (25/11). Saat acara di Bale Desa Adat Geriana Kangin, turut mendampingi Bupati I Gede Dana, Kadisdikpora Karangasem I Wayan Sutrisna, Camat Selat I Nengah Danu, dan Ketua PGRI Selat I Komang Suta Wirata. Terungkap, sejumnah aspirasi dari anggota PGRI Kecamatan Selat. Antara lain, masih banyak kekurangan guru SD dan SMP, baik guru mata pelajaran maupun guru kelas. Masih terbatasnya sarana dan prasarana dan banyak guru pensiun belum ada pengganti. Sedangkan pengangkatan tenaga guru belum ada, baik yang digaji dengan dana BOS (bantuan operasional sekolah) maupun APBD.

Bupati I Gede Dana mengakui kenyataan itu. Kata dia, APBD Karangasem tahun 2023 merancang anggaran untuk infrastruktur sekolah Rp 81 miliar. Dana ini untuk perbaikan ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, perpustakaan, dan pemenuhan IT (informasi dan teknologi).

"Kami telah merancang kerja sama dengan perguruan tinggi untuk mengatasi kekurangan guru, agar perguruan tinggi memberdayakan mahasiswanya lebih lama menggelar PKL (praktik kerja lapangan) mengajar di sekolah. Minimal selama enam bulan, sehingga kekurangan guru bisa teratasi," jelas bupati.

Di akhir acara, Bupati I Gede Dana menerima lukisan dirinya, hasil karya siswi SMPN 2 Selat Ni Nyoman Devina Nur Saraswati. Nur Saraswati sendiri yang menyerahkan, turut menyaksikan Camat Selat I Nengah Danu dan Kadisdikpora I Wayan Sutrisna. Bupati I Gede Dana usai menerima lukisan, langsung diperlihatkan kepada ratusan guru se-Kecamatan Selat.

Acara Bupati I Gede Dana menyapa di Kecamatan Manggis, berlangsung di Bale Banjar Karanganyar, Desa Sengkidu. Turut mendampingi Bupati, Ketua PGRI Kecamatan Manggis I Wayan Tirtayasa, dan Camat Manggis I Putu Eddy Surya Artha.

Ketua PGRI Manggis I Wayan Sutirtayasa mengatakan, dalam aspirasinya berharap pemerataan tenaga guru, perbaikan ruang kelas, dan tamatan pendidikan guru dapat kesempatan mengabdi di sekolah. *k16

Komentar