nusabali

Operasi Zebra Agung 2022, Humanis tanpa Pungli

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-agung-2022-humanis-tanpa-pungli

SINGARAJA, NusaBali
Jajaran Polres Buleleng menggelar Operasi Zebra Agung 2022, yang diawali dengan apel gelar pasukan, Kamis (24/11) di Lapangan Upacara Mapolres Buleleng.

Sebelum operasi dimulai, anggota yang terlibat Operasi Zebra Agung 2022 ‘pemanasan’ Latihan Pra Operasi, Rabu (23/11), di Gedung Ananta Wijaya Mapolres Buleleng.

Apel gelar pasukan dipimpin l Kapolres Buleleng, AKBP Made Dhanuardana, yang diikuti peserta apel yang terlibat dalam Sprint Ops Zebra Agung 2022 dan unsur terkait dari TNI, Dinas Perhubungan dan dari Jasa Raharja.

AKBP Dhanuardana mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan masih ditemukan masyarakat tidak mengindahkan kedisplinan dalam berlalulintas. Melalui operasi Zebra Agung 2022, akan dilakukan upaya komperensif yang mencakup upaya pembinaan, pencegahan maupun penegakan hukum.

"Upaya-upaya pembinaan maupun pencegahan dilakukan melalui peningkatan pemahaman tentang peraturan berlalulintas dan melalui peningkatan pengawasan kelaikan jalan, sarana dan prasarana, serta kendaraan yang digunakan," kata AKBP Dhanuardana.

Sementara untuk upaya penegakan hukum, dilakukan melalui operasi pemeriksaan kendaraan bermotor, kelengkapan berkendara dan surat kelengkapan yang dilakukan secara berkala, serta sosialisasi penegakan hukum secara eletronik (ETLE). "Selain ada pembinaan, juga akan dilakukan penindakan bagi pelanggar," jelas dia.

Pelaksanaan Operasi Zebra Agung 2022 akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung Kamis (24/11) sampai dengan Rabu (7/12).  AKBP Dhanuardana  mengingatkan personel yang bertugas dalam operasi ini untuk tidak arogan dan mengedepankan sikap humanis kepada masyarakat.

"Saya menekankan kepada seluruh personel yang melaksanakan tugas operasi ini untuk tidak arogan. Saya minta agar kedepankan, tindakan simpatik serta humanis kepada masyarakat. Tidak ada tindakan pungli (pungutan liar) maupun pemerasan kepada masyarakat," tegas AKBP Dhanuardana. *mz

Komentar