nusabali

Ketahui Manfaat Jasa Geolistrik untuk Keseharian

  • www.nusabali.com-ketahui-manfaat-jasa-geolistrik-untuk-keseharian

JAKARTA, NusaBali.com - Jasa geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah.

Geolistrik adalah salah satu metode geofisika aktif karena arus listrik berasal dari luar sistem. Tujuan metode ini adalah mencari resistivitas atau tahanan jenis dari batuan. Tahanan jenis adalah besaran atau parameter yang menunjukkan tingkat hambatannya terhadap arus listrik. 

Jasa geolistrik juga sering kali digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya dalam menemukan sumber mata air dan sumber minyak. Keberadaan jasa yang satu ini sangat penting dalam hal ini. Geolistrik, intinya, adalah jasa pengukuran air tanah untuk mengetahui sumber daya alam di dalamnya. Dengan menggunakan berbagai peralatan yang canggih, geolistrik bisa menjadi patokan yang akurat untuk pemasangan bor. 

Manfaat Menggunakan Jasa Geolistrik Air Tanah 

Keberadaan jasa survey geolistrik belum terlalu banyak diketahui oleh orang-orang apalagi sebagian besar penggunanya hanya orang-orang tertentu saja. Padahal sebenarnya manfaat dari geolistrik sangat luas sehingga tidak hanya diperuntukkan pada orang-orang tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan geolistrik:
 
1. Keperluan Hidrologi

Dalam bidang hidrologi, jasa geolistrik air tanah bisa mengetahui kualitas sumber air terbaik. Sebelum dilakukan pengeboran dan mulai mengerjakan sumur, pastinya akan dianalisis lebih dulu bagian permukaan air tanah mana yang sekiranya punya banyak kandungan mineral. Karena harus diketahui jika setiap tanah punya kandungan mineral yang berbeda. Dengan jasa ini dapat diketahui apakah air tanah tersebut asin atau tidak.
 
2. Keperluan Arkeologi

Manfaat dalam bidang arkeologi adalah untuk mengetahui titik letak keberadaan benda-benda bersejarah yang telah terkubur. Ini biasanya dilakukan pada daerah-daerah yang memang berpotensi memiliki peninggalan-peninggalan sejarah. Untuk kegiatan arkeologi, biasanya dilakukan pengamatan selama beberapa hari lebih dulu hingga bisa mengetahui letak pasti dari keberadaan benda-benda sejarah tersebut. Barang-barang yang bisa ditemukan tersebut biasanya berupa logam, perak dan benda-benda lain yang sejenis. 

3. Kebutuhan Geologi Regional 

Tidak bisa dipungkiri jika cakupan geolistrik sendiri sangat luas. Tidak hanya bidang hidrologi dan arkeologi saja, bahkan bidang geologi juga dapat teratasi menggunakan pengukuran satu ini. Untuk bidang geologi regional, pengukuran dilakukan agar mengetahui struktur, sedimentasi, dan juga stratigrafinya. Ini akan sangat berguna jika dimanfaatkan untuk pembangunan rumah sehingga bisa mendapatkan pengetahuian maksimal terkait struktur peletakan batuan. 

4. Kebutuhan Pertambangan

Jika membicarakan tentang geolistrik, maka tidak akan lepas dari istilah pertambangan. Ini karena memang biasanya kegiatan tambang selalu memanfaatkan geolistrik untuk mengetahui tingkat persebaran mineral yang ada pada lapisan permukaan tanah. Selain itu, bisa juga untuk mengetahui adanya eksplorasi batu besi, galian industry, emas dan mangan. Peran jasa geolistrik air tanah terhadap sector pertambangan sangat penting.

Kelebihan Sistem  Survey  Geolistrik

Berikut ini beberapa kelebihan sistem survey geolistrik: 

1. Mudah dan Murah

Kelebihan pertama dari survey geolistrik air tanah adalah akuisisi datanya terbilang mudah dan murah sehingga mampu mengefisiensikan waktu dan dana pada kegiatan eksplorasi. Selain itu, batuan yang ada di bawah permukaan bumi memiliki nilai kelistrikan atau sifat resistivitas yang berbeda. Dengan adanya perbedaan sifat ini maka metode survey geolistrik ini bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi geologi bawah permukaan. 

2. Alat dan Perlengkapan yang Digunakan Praktis dan Simple

Tidak terlalu banyak dan dapat dipindah-pindah dengan mudah. Hal ini tentunya akan meningkatkan kemudahan pergerakan (mobilitas) ketika melakukan survey pada berbagai area sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Alat yang sering digunakan dalam proses survey geolistrik terdiri dari satu unit peralatan geolistrik jenis resistivity, format isian nilai tahanan jenis, peta rupa bumi, peta geologi, peta hidro geologi, GPS serta peralatan tulis dan gambar. 

3. Tahapan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kelebihan sistem survey geolistrik selanjutnya adalah system ini merupakan tahap persiapan / pendahuluan penting yang tidak boleh dilewatkan. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan semua informasi yang dikemas dalam bentuk data tentang kondisi bawah permukaan tanah. Menyangkut struktur geologi dan lain sebagainya. Survey geolistrik ini akan sangat membantu tim penggalian untuk menentukan langkah selanjutnya.

Komentar