nusabali

Bupati Tamba Berharap Sirkuit All in One Diresmikan Menparekraf

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-berharap-sirkuit-all-in-one-diresmikan-menparekraf

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba berharap Sirkuit All in One di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, yang dibangun dengan bantuan dana dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), bisa diresmikan oleh Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tamba, saat meninjau progres pembangunan Sirkuit All in One, Selasa (22/11). Bupati Tamba mengaku, pembangun Sirkuit All in One ini rencananya diresmikan pada Desember mendatang.

“Kita mengharapkan sekali kehadiran Bapak Menteri Sandiaga Uno dalam opening (peresmian) Sirkuit All in One. Karena proyek ini didanai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,” kata Bupati Tamba yang dikenal dekat dengan Menteri Sandiaga Uno.

Bupati Tamba mengatakan, sementara belum memastikan kapan acara peresmian Sirkuit All in One. Untuk tanggal peresmian masih menunggu konfirmasi dari Menteri Sandiaga Uno. Saat peresmian nanti, rencananya akan ditampilkan berbagai atraksi budaya yang ada di Kabupaten Jembrana.

“Saya berharap seluruh masyarakat Jembrana dapat menyaksikan acara itu. Saat opening nanti kita akan menyajikan tarian dengan atraksi gambelan Jegog, atraksi Makepung, layangan, dan arisan burung. Semua atraksi budaya Jembrana akan kita tampilkan di sini,” ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Bupati Tamba menyatakan, Sirkuit All in One ini tidak sekadar untuk mewadahi pelestarian budaya Jembrana. Namun dirinya optimistis Sirkuit All in One ini akan menjadi bagian dari destinasi wisata yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Sirkuit All In One yang sedang dibangun ini adalah bagian dari destinasi wisata Jembrana. Merupakan bagian ekosistem pengembangan pariwisata. Yang saya yakini akan membanggakan masyarakat Kabupaten Jembrana,” tandas Bupati Tamba.

Sementara Koordinator Sekaa Makepung Jembrana I Made Mara, sangat mengapresiasi komitmen Bupati Jembrana dalam mewujudkan Sirkuit All in One sebagai pusat atraksi budaya. Menurutnya, lintasan makepung yang ada di Sirkuit All in One ini sangat luar biasa, dan dipastikan sudah sesuai dengan pakem makepung.

Mara berharap, dengan adanya Sirkuit All in One ini nantinya atraksi makepung dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Jembrana. Atraksi makepung yang akan ditampilkan untuk atraksi wisata, akan disetting tanpa ada unsur kekerasan terhadap hewan (kerbau makepung).

“Kami berharap dengan dukungan Bapak Bupati, makepung dapat terakses ke mancanegara, dapat mempunyai nilai jual. Langkah menampilkan atraksi makepung di Sirkuit All in One dengan tanpa adanya unsur penyiksaan hewan, semoga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan manca negara,” ucap Mara. *ode

Komentar