nusabali

Cindy LIDA Tampil Percaya Diri

Berharap Cengkok Dangdut Semakin Populer di Bali

  • www.nusabali.com-cindy-lida-tampil-percaya-diri

Penyanyi bernama asli Ni Putu Cindy Widyawati mengaku tidak pernah bermimpi sekalipun bisa tampil di depan para pemimpin negara-negara besar di dunia.

DENPASAR, NusaBali
Belum lekang ingatan kita dengan penampilan apik para penyanyi di acara gala dinner serangkaian KTT G20 di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Selasa (15/11) malam. Para penyanyi Tanah Air tersebut mampu membuat para tamu undangan termasuk para Kepala Negara G20 ikut bergoyang.

Presiden Joko Widodo tertangkap kamera ikut mengangguk-anggukan kepala menikmati musik malam itu. Bahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tidak sungkan ikut bergoyang mengikuti irama musik. Blinken tampak ikut berjoget ketika penyanyi dangdut asal Bali Cindy LIDA mendendangkan lagu 'Malam Ini Indah' ciptaan Iwa K dengan cengkok dangdut khasnya.

Malam itu Cindy bernyanyi dengan percaya diri, meskipun Cindy mengaku nervous tampil di depan para pemimpin negara-negara kuat di dunia. Cindy menyanyikan Malam Ini Indah bersama dengan penyanyi berbakat Indonesia lainnya yaitu Faye Risakott, Andmesh dan grup RDP Generation.

Penyanyi bernama asli Ni Putu Cindy Widyawati tersebut mengaku tidak pernah bermimpi sekalipun bisa tampil di depan para pemimpin negara-negara besar di dunia.
"Awalnya itu saya dihubungi via email dan DM (direct message) juga. Mereka itu dari tim panitia KTT mencari penyanyi dangdut dari Bali," ungkap Cindy dihubungi NusaBali, Senin (21/11).

Setelah dihubungi panitia, ada waktu sekitar satu minggu buat Cindy untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Panitia, ujarnya, mengirimkan lagu-lagu pop untuk dinyanyikan dengan cengkok ala dangdut. Cindy menyebut, panitia menginginkan Dangdut yang identik dengan Indonesia bisa disuguhkan kepada para tamu gala dinner.

Dia menambahkan, mencengkokkan lagu pop menjadi tantangan tersendiri baginya. "Ada beberapa kali koreksi panitianya," ungkap gadis 19 tahun.

Cindy merupakan jebolan ajang pencarian bakat Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021. Pada saat itu Cindy harus 'tersenggol' pada babak 56 besar, sehingga harus pulang terlebih dahulu ke Bali. Cindy tersenggol setelah hasil polling akhir berada diposisi buncit dengan meraih 19,10 persen suara.

Minat musik Cindy sejatinya bukan hanya di genre Dangdut, tapi banyak jenis genre musik lainnya. Saat ini, jika ada permintaan menyanyi, Cindy selalu berusaha menyanggupi di tengah-tengah kesibukannya menempuh pendidikan tinggi bidang pariwisata. Lagu yang dibawakan pun tidak melulu lagu dangdut, namun menyesuaikan dengan permintaan. Tidak jarang pula Cindy menyanyikan lagu berbahasa Bali.

"Kalau orang wedding Bali lagu pop Bali atau lagu pop Indonesia. Kalau acara gala dinner di hotel aku biasanya nyanyi lagu pop Inggris gitu," sebutnya.

"Kayak kemarin dangdut aku genrenya lagi genre koplo," tambahnya. Jika membawakan lagu Bali, tidak jarang pula Cindy mencengkokkan lagu-lagu yang dibawakannya. Menurutnya cengkok dangdut sudah mulai menyusup ke dalam lagu-lagu Bali masa kini. Sebut saja penyanyi Bali yang sedang hits saat ini Bagus Wirata yang dikenal dengan ciri khas cengkoknya.

"Di wedding, kalau nyanyi lagu Bali kalau nggak dikoplo kurang orang-orang untuk goyangnya," ungkap gadis asal Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ini.  

Meski begitu Cindy juga tidak menampik jika musik dangdut belum begitu populer di Pulau Dewata. Terlihat pada ajang LIDA 2021 yang diikutinya, voting melalui SMS tidak banyak diterimanya sebagai peserta dari Bali. Dia berharap nantinya musik dangdut bisa semakin diterima masyarakat Bali seiring makin banyaknya lagu Bali yang memasukkan unsur cengkok dangdut.

Mimpi Cindy lainnya yakni bisa mengeluarkan single sendiri. Namun karena banyak aktivitas di luar musik yang menyita waktunya, Cindy sendiri belum tahu kapan bisa merealisasikan mimpinya itu. *cr78

Komentar