nusabali

Bali Showcase Indonesia dalam Transformasi Ekonomi

  • www.nusabali.com-bali-showcase-indonesia-dalam-transformasi-ekonomi

DENPASAR, NusaBali
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan Indonesia saat ini sedang melakukan transformasi ekonomi menuju negara maju.

Transformasi tersebut, kata Suharso, dapat dilihat pada geliat yang terjadi di Bali saat ini. "Bali menjadi showcase Indonesia dalam rangka transformasi ekonomi, kita sedang mendesain bersama-sama Pemerintah Provinsi Bali apa yang disebut dengan Bali Kerthi," ujar Suharso pada acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022 di Movenpick Resort, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Senin (21/11).  

Suharso menambahkan, dengan konsep Bali Kerthi transformasi ekonomi Bali bertujuan untuk mengembalikan kemewahan alam yang dimiliki Bali menjadi satu sumber daya yang bernilai tinggi atau dalam kata lain transformasi ekonomi sirkular.  Suharso mencontohkan bagaimana Bali saat ini menyelesaikan permasalahan sampah dari tingkat hulu alih-alih seperti sebelumnya berfokus di hilir. "Bali sekarang sudah luar biasa soal itu, soal plastik, nanti berikutnya soal energi," tambahnya.

Pun, ketika nantinya muncul tantangan resesi global seperti yang diperkirakan banyak ahli ekonomi, transformasi ekonomi yang sedang dialakukan saat ini justru akan menyelamatkan ketahanan ekonomi nasional.  "Transformasi ekonomi menguatkan kemampuan kita, sehingga keadaan apapun teruji," kata Suharso.

Indonesia Development Forum (IDF) merupakan sebuah wahana bagi berbagai pelaku pembangunan di Indonesia untuk berkumpul dan bertukar gagasan serta pemikiran. Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2017, IDF telah menjadi sebuah forum utama untuk mendiskusikan solusi atas isu-isu pembangunan di Indonesia seperti kemiskinan, ketimpangan pendapatan, dan kesempatan kerja.

Acara Puncak IDF 2022 berlangsung dua hari, 21-22 November 2022, mengusung tema 'The 2045 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation'. IDF 2022 berfokus pada pembangunan industri di Indonesia yang diharapkan dapat menginspirasi pembicara dan peserta IDF untuk memikirkan gagasan-gagasan baru tentang peningkatan kapasitas industri di Indonesia di masa depan dalam menciptakan nilai tambah dari sumber daya yang dimiliki (SDA dan SDM), serta merespons perkembangan pasar yang dinamis dan siklus perkembangan teknologi yang berlangsung makin cepat. *cr78

Komentar