nusabali

Prodi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Bali Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Sukawati

  • www.nusabali.com-prodi-administrasi-bisnis-politeknik-negeri-bali-gelar-pengabdian-kepada-masyarakat-di-desa-sukawati

GIANYAR, NusaBali.com – Politeknik Negeri Bali (PNB) melalui Jurusan Administrasi Niaga (AN) Program Studi Diploma Tiga Administrasi Bisnis (AB) menyelenggarakan Kegiatan Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) di Aula Yayasan Widya Suara Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Kegiatan yang telah dilaksanakan Minggu (13/11/2022) ini mengusung tema ‘Pelatihan Penataan Administrasi, Pembuatan Laporan Keuangan, Kepemimpinan Dan Penggalian Potensi Desa Bagi Lembaga Ekonomi Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar’.

Selaku PIC program Pengabdian kepada Masyarakat ini, Ni Wayan Sukartini mengatakan kegiatan ini merupakan hasil diskusi bersama antara Jero Bendesa Adat dan Kepala Desa Sukawati tentang kebutuhan penataan dan penggalian potensi Desa Sukawati ke depan.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Perbekel Desa Sukawati, Dewa Gede Dwi Putra, Jero Bendesa Adat Desa Sukawati, I Made Sarwa, serta melibatkan 55 peserta dari Lembaga Ekonomi Desa Sukawati (BUMDes, LPD, BUPDA) serta Prajuru Desa Adat di lingkungan Desa Sukawati.

“Kegiatan program pengabdian ini dilakukan sesuai kebutuhan Desa Sukawati yang baru memiliki BUPDA,” ujar Ketua Program Studi Administrasi Bisnis, I Made Widiantara.

Peserta pun sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan berharap kegiatan ini tidak terputus dan bisa berkesinambungan dalam bentuk pendampingan. "Hal ini bisa dilihat dari tingkat kepuasannya 85 persen para peserta,” ujar PIC program Pengabdian kepada Masyarakat, Ni Wayan Sukartini, Minggu (13/11/2022). 

Dalam kesempatan ini, dihadirkan narasumber dari para Dosen Jurusan Administrasi Niaga yakni, Gede Santanu, I Gusti Lanang Suta Artanaya, dan Ketut Vini Elfarosa. Tidak hanya menggunakan narasumber internal PNB saja, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber ekternal PNB yaitu Bendesa Madya MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 Wita, para narasumber memberikan materi berupa Kepemimpinan dan Penggalian Potensi Desa, Penataan Administrasi, serta Membuat Laporan Keuangan. Narasumber eksternal PNB, Bendesa Madya MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana turut memberikan jawaban yang berkaitan dengan Baga Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA).

Dalam kesempatan yang sama, Jero Bendesa Desa Adat Sukawati, Made Sarwa berharap Desa Dinas dan Desa Adat Sukawati mampu bersinergi dengan Politeknik Negeri Bali.

“Semoga nanti kita Desa Dinas dan Desa Adat Sukawati mampu bersinergi dengan PNB dalam memajukan perekonomian desa Sukawati melalui lembaga ekonomi desa yang ada seperti BUMDes, LPD, BUPDA,” harap Jero Bendesa Desa Adat Sukawati, Made Sarwa.

Sebagai program Pengabdian kepada Masyarakat, tentunya ada output yang dihasilkan dalam gelaran ini berupa publikasi ilmiah di jurnal atau prosiding, publikasi pada media cetak atau elektronik, serta publikasi pada media YouTube dan juga Instagram pada akun bisnis.pnb. 

“Harapan saya agar kegiatan ini bisa berkesinambungan dalam bentuk pendampingan,” pungkas Ni Wayan Sukartini.

Sebagai informasi tambahan, Jurusan Administrasi Niaga PNB memiliki 5 program studi (prodi) serta 1 Program RPL (Recognisi Pembelajaran Lampau) dimana informasi detail  dapat diakses di laman www.bisnis.pnb.ac.id. *ris

Komentar