nusabali

12 Siswa Wakili Bangli di Olimpiade Asia

  • www.nusabali.com-12-siswa-wakili-bangli-di-olimpiade-asia

Olimpiade Matematika dan Sains ini diselenggarakan oleh Surya Institute bekerjasama dengan Pemkab Bangli.

BANGLI, NusaBali

Olimpiade Matematika dan Sains Tingkat Asia Tahun 2022 akan digelar di Bangli. Selaku tuan rumah, Bangli mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan perwakilannya. Ada 12 siswa SD dan SMP yang akan mengikuti olimpiade tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli I Komang Pariarta mengatakan Olimpiade Matematika dan Sains ini diselenggarakan oleh Surya Institute bekerjasama dengan Pemkab Bangli. Olimpiade kali ini Bangli didapuk sebagai tuan rumah. Olimpiade akan digelar di Museum Gunung Api Batur, Kecamatan Kintamani, 23 – 27 November 2022.

Sebelumnya, Bangli telah mengadakan seleksi untuk mencari siswa terbaik untuk mengikuti olimpiade ini. Kemudian terpilih 12 siswa untuk mengikuti olimpiade. "Siswa yang akan mewakili Bangli telah dibina. Menjelang pelaksanaan kegiatan pembinaan dioptimalkan. Di masing-masing sekolah dipertajam materi untuk akan diujikan," kata Komang Pariarta Minggu (20/11).

Didampingi Sekretaris Disdikpora Bangli I Nyoman Wikrama untuk peserta yang mewakili Bangli sebanyak 12 orang masing-masing terbagi dalam tim Sains dan Matematika. Siswa ini berasal dari berbagai sekolah di Bangli. "Setiap tim ada tiga orang. Bangli mengirimkan satu tim sains SD dan SMP serta satu tim matematika SD dan SMP," jelasnya.

Lebih lanjut, sebagai persiapan sebagai tuan rumah, telah dibentuk kepanitiaan dengan melibatkan lintas OPD. Kepala Dinas asal Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli ini menyebutkan beberapa OPD yang terlibat seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata. "Sesuai petunjuk Bapak Bupati, untuk kepanitiaan lintas OPD. Hari ini kami juga telah melaksanakan rapat," ujarnya.

Dinas Kesehatan menyiapkan layanan dan fasilitas kesehatan, seperti ambulance. Kemudian Dinas Perhubungan mendukung sarana transportasi untuk peserta sedangkan Dinas Pariwisata menyiapkan untuk di obyek wisata yang akan dikunjungi peserta Olimpiade. "Olimpiade ini diikuti perwakilan dari sejumlah negara," terangnya.*esa

Komentar