nusabali

Anak IPS Ungguli Pemilos SMAN 2 Amlapura

  • www.nusabali.com-anak-ips-ungguli-pemilos-sman-2-amlapura

AMLAPURA, NusaBali
Pemilihan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) atau pemilos ketua OSIS SMAN 2 Amlapura, kembali dimenangkan siswa dari jurusan IPS.

Kali ini pemenangnya, Kadek Anggarajaya Winata dengan 431 suara, mengungguli dua pesaingnya dari jurusan IPA. Pemilos melibatkan seluruh siswa guru dan pegawai, dengan cara mencoblos gambar di SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati Amlapura, Jumat (18/11). Kadek Anggarajaya Winata siswa kelas XI IPS 4, nantinya menggantikan ketua OSIS sebelumnya, I Kadek Rici Wirda Prayoga siswa kelas XII IPS1. Saat pemilos terlaksana memunculkan tiga kandidat, dua kandidat lainnya I Komang Didi Pramana Paramartha kelas XI IPA4 dengan 279 suara, dan Komang Ergy Taruna Abimanyu kelas XI IPA 2 dengan 198 suara.

Kadek Anggarajaya Winata sendiri unggul telak, di empat TPS (tempat pemungutan suara) masing-masing TPS 1 dengan 144 suara, TPS 2 dengan 132 suara, TPS 3 dengan 124 suara dan TPS 4 dengan 31 suara.

Sebelum puncak Pemilos SMAN 2 Amlapura, terlebih dahulu melaksanakan debat, masing-masing menawarkan visi dan misi yang berisi program kerja selama setahun, tahun ajaran 2023/2024.

Pemilos dikoordinasikan Ketua Panitia Ni Putu Ayu Anastasia disebutkan pemilos kali ini bekerjasama dengan KPU Karangasem dengan menyediakan 1.142 surat suara, termasuk surat suara cadangan. Tercatat 161 surat suara tidak terpakai, 981 surat suara digunakan, 908 surat suara sah, dan 73 surat suara tidak sah.

"Sesuai arahan KPU Karangasem kami mencoblos gambar, mirip Pilkada Karangasem coblos gambar," jelas Ni Putu Ayu Anastasia.

Kasek SMAN 2 Amlapura Wayan Sugiana mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir, siswa dari jurusan IPS yang memenangkan Ketua OSIS SMAN 2 Amlapura. "Tahun lalu, dari IPS, kali ini juga IPS, karena visi dan misinya lebih cerdas dan mampu meyakinkan calon pemilih saat debat berlangsung," jelas Wayan Sugiana.

Dari 3 calon Ketua OSIS katanya, muncul dua calon dari IPA, itu artinya pendukung dari jurusan IPA terpecah. Sedangkan pendukung dari IPS dan bahasa bersatu mendukung Kadek Anggarajaya Winata. "Ini kan pembelajaran demokrasi bagi siswa, melakukan praktek langsung untuk berdemokrasi," jelas mantan Kasek SMAN 1 Amlapura tersebut.

Dalam berdemokrasi, lanjut Wayan Sugiana, siswa bisa menyalurkan hak pilihnya sesuai pilihannya yang mereka sukai, tidak ada tekanan, dan tidak ada intervensi.

Kadek Anggarajaya Winata sendiri mengaku tak menyangka dapat dukungan signifikan sebagai Ketua OSIS SMAN 2 Amlapura. "Nanti serah terimanya Januari 2023," jelas Kadek Anggarajaya Winata, sembari menerima ucapan dari Ketua OSIS Kadek Rici Wirda Prayoga.*k16

Komentar