nusabali

Bupati Suwirta Sampaikan Program Pemberdayaan

Bertemu Deputi Perkoperasian

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-sampaikan-program-pemberdayaan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bertemu Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UMKM, Ahmad Zabadi, di Jakarta, Jumat (18/11).

Dalam pertemuan itu, Bupati Suwirta menyampaikan perkembangan pembangunan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM) serta berbagai program pemberdayaan di Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan, pembangunan gedung di Kabupaten Klungkung yang didanai dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) Fisik Kemenkop UMKM hampir rampung. Dalam waktu dekat pembangunan gedung yang nantinya digunakan untuk mengembangkan usaha para UKM di Klungkung segera diresmikan. Bupati juga menyampaikan sejumlah program pemberdayaan dari hulu sampai hilir. Di antaranya pemberdayaan petani melalui Koperasi Unit Desa (KUD) dengan program Bima Juara atau Beli Mahal Jual Murah. Inovasi ini sudah masuk Top 40 inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

Di bidang pemberdayaan lainnya, Klungkung juga memproduksi garam beryodium dengan label Uyah Kusamba. Pembuatan garam beryodium ini memanfaatkan garam hasil petani garam di pesisir Kusamba. “Program pemberdayaan di Kabupaten Klungkung sudah berjalan dengan dukungan semua stakeholder terkait,” ujar Bupati Suwirta. Ahmad Zabadi menyambut baik perkembangan pembangunan gedung PLUT-KUMKM dan sejumlah program pemberdayaan di Kabupaten Klungkung.

Menurut Ahmad Zabadi, di Kementerian Koperasi juga terdapat sejumlah program pemberdayaan yang melibatkan koperasi, salah satunya solusi nelayan yaitu solar untuk koperasi nelayan. Koperasi ini dapat membantu nelayan mendapatkan BBM dengan harga subsidi. Koperasi ini juga diharapkan ikut membangun bidang produksinya dengan membeli pertama hasil nelayan dan menjadi marketing dengan memasarkan hasil produksi nelayan. *wan

Komentar