nusabali

Perhelatan KTT G20 di Bali Sukses

Supadma Rudana Sebut Sukses Besar Presiden Jokowi

  • www.nusabali.com-perhelatan-ktt-g20-di-bali-sukses

JAKARTA,NusaBali
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan aparat keamanan yang sukses melaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Kawasan Pariwisata Internasional, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada 15-16 November 2022.

Apalagi, Presidensi G20 menghasilkan ‘Bali Leader’s Declaration KTT G20’. “Summit puncak setelah Indonesia menjadi Presidensi G20 telah mencapai kesuksesan besar. Apresiasi atas segala kesuksesan kepada Presiden Jokowi dan kabinetnya, serta seluruh panitia atas kesuksesan summit G20 ini,” kata Supadma Rudana, Kamis (17/11) siang.


Menurut Supadma Rudana, Bali sebagai destinasi pariwisata dan budaya mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah event besar pertemuan Kepala Negara dan eksekutif pada November 2022. Sehingga, secara promosi akan lebih mempromosikan lagi Bali, Indonesia di kancah global. “Tentu, kedepan semua tidak berhenti disini. Semua dapat kembali memberikan manfaat kepada Indonesia, khususnya tuan rumah Bali yang merupakan ikon kepariwisataan Indonesia,” jelas pimpinan BKSAP DPR RI ini yang juga Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia.

Politisi Partai Demokrat ini mengaku sudah menyampaikan terima kasih secara langsung kepada Presiden Jokowi, karena mempromosikan pariwisata dan seni budaya nusantara, khususnya Bali kepada Kepala Negara dunia dalam kegiatan G20. Saat itu, Supadma Rudana bertemu Jokowi pada ASEAN -AIPA Leaders' Interface Meeting di Phonm Penh, Kamboja, pada 9-11 November 2022. Ketika itu, dalam pertemuan terbatas antara pemimpin ASEAN bertemu Parlement ASEAN atau AIPA. "Saat itu saya pamit ke COP27 IPU Parliamentary Meeting di Sharm El Sheikh mewakili parlemen Indonesia, menuntut Climate Justice pada forum COP27 tersebut. Saya juga menitipkan Bali kepada Pak Jokowi selama pelaksanaan G20. Tentu, hal itu sejalan dengan pemulihan ekonomi dan pariwisata Bali pasca pandemi Covid-19,” tegas politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar ini.

Supadma Rudana mengapresiasi atas gelaran dinner dan summit yang secara khusus menghadirkan khazanah seni budaya nusantara, khususnya menghadirkan seni budaya Bali di event G20. Sehingga, pemimpin dunia dapat menikmati keindahan seni budaya Indonesia yang telah menjadi tuan rumah dengan sangat baik.

Memang, kata dia, budaya tuan rumah yang baik ini sudah berjalan sejak era Presiden Soekarno, era Presiden Soeharto, era Presiden BJ Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati Soekarnoputri, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga era Presiden Jokowi.  “Indonesia memang terkenal akan keramahan dan keindahan seni budaya serta alamnya, sehingga menjadi hal yang selalu diapresiasi pemimpin dunia saat event G20 dan event-event sebelumnya,” ujarnya.

Kata Supadma Rudana, Summit G20 ini jadi momentum utama promosi Indonesia dari segala bidang baik seni budaya, keindahan alam, komitmen terhadap penanggulangan perubahan iklim, komitmen terhadap pencapaian net zero emission, dan komitmen dalam mengimplementasikan green economy juga untuk peningkatan investasi dan peningkatan kerjasama International. “Penghormatan yang tinggi juga kita sampaikan kepada para pemimpin bangsa seperti Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian, Wakil Presiden Tri Sutrisno, Hamzah Haz dan Jusuf Kalla (JK).  Selamat dan Sukses untuk Indonesia,” pangkas Supadma Rudana.*nat

Komentar