nusabali

Tiga Perbekel PAW Terpilih Segera Dilantik

  • www.nusabali.com-tiga-perbekel-paw-terpilih-segera-dilantik

SIGARAJA, NusaBali
Tiga perbekel pengganti antar waktu (PAW) terpilih di Desa Munduk dan Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, serta Desa Bondalem, akan segera dilantik.

Pelantikan dilakukan agar perbekel terpilih bisa segera menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena mengatakan, pemilihan perbekel PAW telah melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Hasilnya, untuk Pilkel PAW di tiga desa ini yakni Desa Munduk terpilih I Nengah Sudira, pada 12 Oktober 2022 lalu. Desa Dencarik terpilih Ni Luh Kertawati pada 19 Oktober 2022, dan Desa Bondalem terpilih Gede Arya Odantara pada 11 November 2022.

Saat ini, Dinas PMD masih menunggu hasil dari panitia Pilkel PAW Desa Bondalem. Sedangkan untuk Desa Munduk dan Desa Dencarik hasilnya telah diterima. Setelah hasil dikumpulkan akan segera disampaikan ke Pejabat Bupati (PJ) Buleleng untuk ditindaklanjuti.

"Kalau laporan sudah terkumpul, kita buatkan SK dan lapor ke Pj Bupati untuk carikan waktu pelantikan. Kami berusaha agar secepatnya bisa dilantik," kata Sumpena, Kamis (17/11).

Sementara itu, Camat Tejakula I Gede Suyasa mengatakan, pelaksanaan Pilkel PAW di Desa Bondalem sudah terlaksana 11 November 2022. Dalam pemilihan itu terdapat 3 calon dengan total pemilih 147 orang perwakilan yang sudah dipilih oleh panitia. Hasilnya terpilih Gede Arya Odantara dengan total 76 suara.

Gede Arya Odantara setelah dilantik akan meneruskan sisa jabatan Perbekel Desa Bondalem yang masih berlangsung hingga 2023 mendatang. "Kami masih akan menunggu kapan waktu pelantikannya namun sebelum itu kita segera akan laporkan hasil pemilihan ini," jelas Suyasa.

Sekadar informasi, masing-masing masa jabatan Perbekel PAW di masing-masing desa berbeda-beda menyediakan dengan masa jabatan perbekel sebelumnya. Untuk Desa Munduk Perbekel PAW akan menjabat hingga tahun 2027, sedangkan untuk Desa Dencarik dan Bondalem Perbekel PAW akan menjabat hingga 2023. *mz

Komentar