nusabali

Siswa SMK Mulai Praktik Perhotelan

  • www.nusabali.com-siswa-smk-mulai-praktik-perhotelan

AMLAPURA, NusaBali
Segenap siswa SMK di Karangasem mulai jalani praktik bidang perhotelan, sebelum resmi mengikuti PKL (Praktik Kerja Lapangan).

37 siswa kelas XI SMK Widya Wisata Graha (WWG) Amlapura menjalani praktik, dibina guru produktif dan tenaga profesional atau quest speaker, di SMK WWG, Jalan Untung Surapati Gang Beji Amlapura, Rabu (16/11).

Kasek SMK WWG Ni Nyoman Supadmi mengatakan, sebelum PKL, siswa kelas XI wajib mengikuti praktik di sekolah, guna mematangkan  kemampuannya. "Sebenarnya siswa telah terbiasa sehari-hari menjalani praktik, kali ini hanyalah melakukan evaluasi sebelum PKL, sehingga nantinya siap diterjunkan ke industri," jelasnya.

Materi praktik katanya, front office (bagian depan), laundry (mencuci), food and beverage (tata hidangan) dan lain-lain. Praktik itu, kata Supadmi, untuk melancarkan komunikasi, sambil kerja. "Nanti PKL tahap I, Desember 2022, tahap II Juni 2023," tambahnya.

Ketua Program Perhotelan Ni Putu Candra Dewi juga mengatakan secara teknis tidak ada kendala dan siswa siap mengikuti PKL. Quest speaker I Made Suarka yang memberikan materi praktik juga menambahkan secara teknis tidak ada kendala. "Siswa jalani praktik, telah sesuai standar industri. Hanya memahirkan komunikasi saja, praktiknya telah mahir mereka lakukan," kata Suarka.

Jika satu kelompok yang tengah jalani praktik katanya, tidak boleh ada siswa yang istirahat setelah bagian pekerjaannya selesai, mesti siswa tersebut membantu siswa lain, sehingga semuanya terlihat aktif. "Semua mesti kerja, agar tuntas bersamaan," tambahnya.

Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana mengatakan, 390 siswa kelas XII telah mengikuti praktik dan PKL. "Begitu naik kelas XII langsung mengikuti praktik di sekolah, berlanjut PKL," jelas I Wayan Artana.*k16

Komentar