nusabali

Badung Songsong Transformasi Melalui Sistem TI

Sidang Paripurna Istimewa HUT Ke-13 Mangupura

  • www.nusabali.com-badung-songsong-transformasi-melalui-sistem-ti

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung bersama DPRD Badung menggelar Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Ke-13 Ibukota Kabupaten Badung Mangupura di Ruang Sidang Utama Gosana Gedung DPRD Badung, Rabu (16/11).

Rapat ini hanya terdiri dari satu agenda tunggal, yaitu penyampaian sambutan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang diwakili oleh Wakil Bupati I Ketut Suiasa. Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Putu Parwata, didampingi Wakil Ketua I Wayan Suyasa dan I Made Sunarta, serta dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Badung. Selain itu, hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Badung, seluruh pejabat lengkap di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, pimpinan instansi vertikal, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Badung, para direksi perusahaan daerah, Kepala BPD Bali Cabang Badung dan Mangupura, Ketua TP PKK Badung, organisasi kewanitaan Badung, dan para tenaga ahli bupati, DPRD beserta fraksi DPRD Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Suiasa, menyampaikan momentum HUT Ke-13 Mangupura bermakna strategis. Oleh karena di balik suasana peringatan ini Badung dihadapkan pada agenda strategis berkenaan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, sehingga diharapkan akan menjadi momen kebangkitan dalam menata penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Badung yang sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh penyelenggara pemerintahan dan elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah dan turut menyukseskan penyelenggaraan KTT G20 demi keharuman serta kejayaan bangsa dan negara.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah juga menyampaikan ucapan Dirgahayu Ke-13 IbuKota Mangupura. Semoga Ida Hyang Widhi Wasa melimpahkan Wara Nugrahanya, sehingga pemerintah daerah bersama masyarakat Badung segera pulih dan lebih kuat dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Dengan melakukan transformasi menuju perbaikan di segala lini dengan mengintegrasikan sistem teknologi informasi (TI),” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, tema HUT Ke-13 Mangupura telah selaras dengan tema pembangunan daerah tahun 2022, yang tertuang dalam rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Badung, yaitu percepatan pemulihan ekonomi daerah melalui revitalisasi sektor unggulan dan penguatan ekonomi kerakyatan yang dijabarkan kedalam sembilan prioritas pembangunan daerah yaitu pendidikan, riset dan inovasi, kesehatan, perlindungan sosial dan pengarusutamaan gender, pariwisata, pertanian dan kebudayaan, sarana prasarana wilayah, perumahan dan permukiman, pembangunan ekonomi, tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, penataan ruang dan lingkungan hidup serta ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

Selain itu, tema HUT Ke-13 Mangupura juga selaras dengan tema pembangunan daerah tahun 2023 yang tertuang dalam rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Badung tahun 2023, yaitu perkuatan ketahanan masyarakat melalui transformasi ekonomi serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan jaring pengaman sosial yang dijabarkan ke dalam lima bidang prioritas pembangunan daerah sesuai dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). “Satu hal yang patut saya garis bawahi adalah sekalipun kita dihadapkan pada situasi pandemi yang berimplikasi kepada penurunan kapasitas fiskal daerah, namun kita masih tetap dapat melaksanakan berbagai hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah di bidang pemerintahan dan pelayanan publik sebagaimana mestinya,” katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Badung Putu Parwata,mengatakan HUT Ke-13 Mangupura diperingati dalam forum tertinggi pemerintahan daerah, yaitu Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Badung. Dengan ini diharapkan peringatan HUT Ke-13 Mangupura dijadikan momentum untuk introspeksi atas segala hal yang sudah dilakukan. “Keberhasilan yang sudah kita capai dan hambatan yang kita alami selama kita dijadikan pengalaman untuk melakukan perbaikan secara konstruktif demi kemajuan pemerintahan Kabupaten Badung yang kita cintai,” ujarnya. *ind

Komentar